Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Susah Nggak sih Punya Rumah Sendiri? Yuk, Simak Tips Berikut

30 November 2021



Harga rumah terus melambung tinggi. Pada 2010-2015, rumah dua lantai dengan luas tanah 60m2 bisa ditebus dengan harga Rp300-500 juta. Sekarang tidak demikian. Untuk mendapatkan profil rumah seperti itu dibutuhkan dana dari Rp800 juta – Rp 1,4 miliar. Sebuah angka yang rasanya sudah cukup membuat generasi milenial pusing sekaligus pesimistis memiliki rumah sendiri. 

Jumlah generasi milenial yang pusing memikirkan kenaikan harga rumah rasanya sangat banyak. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) hingga 2020, sebanyak 70 juta penduduk Indonesia masuk kategori generasi milenial dan diperkirakan 50-60 persen di antaranya masih belum memiliki rumah pribadi.
 
Apakah Anda merupakan bagian dari generasi milenial yang belum dan ingin sekali punya rumah sendiri? Yuk semoga beberapa tips berikut adalah langkah awal yang mungkin dapat membantu Anda bisa membeli rumah sendiri.

1.    Tentukan Harga Rumah
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu harga rumah yang masuk akal untuk kondisi keuangan Anda. Biasanya, developer rumah akan mematok DP (Down Payment) sebesar 10% dari harga rumah yang ditawarkan. DP biasanya boleh dicicil selama 10 bulan. Nah, hitung kembali keuangan Anda. Jangan ambil rumah bila keuangan tidak memungkinkan membayar DP atau mencicilnya selama waktu yang sudah ditentukan. 

2.    Mencoba Instrumen Investasi
Perkuat pondasi keuangan Anda sebelum memutuskan membeli rumah. Selain menabung, Anda juga dianjurkan berinvestasi. Investasi reksa dana pasar saham cocok buat Anda yang memiliki tujuan keuangan jangka panjang. Reksa Dana Sequis Equity Indonesia menjadi salah satu produk investasi reksa dana yang direkomendasikan. Potensi imbal hasil dari investasi tersebut bisa digunakan untuk bayar cicilan atau melunasi DP. 

Baca Juga
`Sulap` Pekarangan Rumah Agar Betah di Rumah
Asuransi untuk Wanita Karier & Ibu Rumah Tangga
Tetap Produktif Meskipun di Rumah Aja
Ibu Rumah Tangga Bisa Berinvestasi, Ini Investasi yang Cocok
Cara Daftar Online Rumah Sakit, Aman Tanpa ke Luar Rumah

3.    Kelola Pengeluaran dengan Ketat
Terkadang, usaha menabung untuk membeli rumah terhambat karena uang terpakai biaya gaya hidup. Ini harus dihentikan. Mulailah untuk berkomitmen dengan mengutamakan kebutuhan prioritas. Dengan demikian, Anda bisa membatasi pengeluaran tiap bulan dan menghindari hal-hal yang sekiranya tidak perlu.

4.    Proteksi Diri dengan Asuransi 
Proteksi kesehatan dan finansial Anda dengan asuransi. Dengan memiliki asuransi kesehatan, tabungan serta hasil investasi Anda tetap aman walau Anda mendadak sakit dan butuh biaya besar untuk pengobatan. Sebab, biaya kesehatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

 

Butuh bantuan ?