Dapat THR? Jangan Dihabiskan Hanya untuk Lebaran

30 April 2021


Sebelum Anda belanjakan THR Anda, coba cek dahulu apakah Anda masih ada cicilan dan utang lain belum terbayar


Senangnya dapat THR saat jelang lebaran. Apa yang akan Anda beli? Baju baru, sepatu baru, perabot baru? Tentu saja boleh, toh THR adalah pendapatan tambahan dan tidak membuat kita berutang. Namun, sebelum Anda belanjakan THR Anda, coba cek dahulu apakah Anda masih ada cicilan dan utang lain belum terbayar, seperti cicilan kartu kredit, KPR, KPA, KKB? Jangan sampai saat tagihan datang di akhir bulan uang Anda sudah habis untuk belanja barang-barang konsumtif. Sayang bukan? Nah, sebelum hal itu terjadi, lakukan pengelolaan  THR dengan cermat agar dapat memberikan manfaat yang optimal. 
 
Bagaimana perencanaan keuangan di dalam mengelola THR? Hal pertama, buatlah pos-pos keuangan dan tentukan jumlahnya. Pos yang dapat Anda siapkan antara lain zakat, pengeluaran mudik (jika memang Anda terpaksa harus mudik), pengeluaran hari raya termasuk hidangan lebaran dan THR bagi asisten rumah tangga, orang tua, atau sanak saudara di kampung halaman. 

Setelah itu selalu tentukan juga pos dana darurat, daftar utang, kebutuhan penting yang sempat tertunda, dan pos untuk tabungan masa depan termasuk investasi dan asuransi.   

Buat skala prioritas untuk menentukan kebutuhan menjadi sangat penting tidak bisa ditunda, penting tapi bisa ditunda, akan baik jika bisa memilikinya tetapi tidak mendesak. Dengan membuat skala prioritas akan membantu kita memilih mana yang harus didahulukan saat menyadari bahwa dana terbatas sedangkan keinginan tidak terbatas sehingga kita perlu mengengendalikan diri dan cermat dalam mengalokasikan sejumlah dana untuk pos-pos tersebut.
 
Jika tidak mudik karena kesadaran kondisi sedang pandemi covid-19 dan memutuskan berlebaran bersama keluarga inti saja di rumah, tentu akan membuat THR Anda tersisa lebih banyak. Sehingga Anda bisa memprioritaskan pos-pos keuangan lainnya yang lebih penting. 
 
Jangan lupa untuk selalu menyisihkan dana THR untuk kebutuhan masa depan seperti dana pendidikan anak dan perlindungan asuransi untuk keluarga. Semakin cepat Anda memiliki asuransi saat usia masih produktif maka premi yang harus dibayarkan tentu lebih terjangkau. Tidak usah khawatir memilih produk asuransi karena agen Sequis siap membantu memberikan solusi produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929 atau melalui e-mail: care@sequislife.com 
 
Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga.

Butuh bantuan ?