Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Beli Rumah

9 Desember 2022



Membeli rumah tetap membutuhkan dana besar walau relaksasi Down Payment (DP) 0 Persen mulai sering diberlakukan. Setidaknya, calon pembeli harus menyiapkan modal awal untuk membayar cicilan pertama, biaya bank, dan biaya notaris. Bila membeli harga rumah berada di kisaran Rp600 juta, modal yang harus disiapkan untuk pembayaran awal berkisar Rp50-70 juta.

Artinya, perencanaan keuangan yang matang tetap dibutuhkan untuk memiliki rumah idaman. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan ketika ada niat untuk membeli rumah:

1.    Tentukan Maksimum Budget
Tentukan harga maksimum rumah yang akan dibeli sejak awal. Tentunya menentukan harga menyesuaikan kemampuan Anda untuk membayar cicilan per bulan. Ingat, semakin pendek tenor yang diambil, semakin besar cicilan yang harus dibayarkan per bulan.

2.    Menempatkan Uang di Instrumen Investasi Jangka Panjang
Tidak tertarik dengan insentif DP 0 persen pada saat ini? Tidak masalah. Anda bisa merencanakan membeli rumah 5 atau 10 tahun mendatang dan lebih dulu mengalokasikan dananya ke investasi jangka panjang. Bisa dalam bentuk emas atau reksa dana saham. Contohnya melalui produk Reksa Dana Sequis Equity Indonesia. Keduanya menawarkan imbal hasil yang cukup menguntungkan pada masa depan. Dengan begitu, nilai uang Anda akan terus meningkat mengikuti harga rumah yang terus naik setiap tahun. Ketika waktunya tiba, hasil investasi Anda bisa digunakan untuk membayar DP atau melunasi biaya rumah.

3.    Hidup Hemat dan Kelola Keuangan Secara Cermat
Perencanaan keuangan yang sudah Anda siapkan harus dijalani secara disiplin. Bila uang untuk hiburan sudah habis, jangan memaksakan diri untuk jalan-jalan, hang-out, belanja, dan sebagainya. Bila perlu, kebiasaan Anda untuk jajan dikurangi selama proses membeli rumah.

4.    Lunasi Utang
Menabung akan lebih mudah bila Anda terbebas dari utang. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli rumah, pastikan Anda tidak memiliki utang kartu kredit dan sebagainya. Setelah utang lunas, Anda akan fokus ke tujuan utama, yakni mulai membayar cicilan KPR.

Mengetahui cara menabung untuk beli rumah dan menjalankannya secara disiplin adalah kunci untuk memiliki tempat tinggal idaman. Rencanakan masa depan Anda Bersama Sequis. Bila membutuhkan bantuan untuk merencanakan jenis tabungan dan investasi jangka panjang, silakan berkonsultasi dengan live chat Sequis Personal Assistant  dengan klik link berikut ini: CHATBOT

 

Butuh bantuan ?