Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Memilih Asuransi Rawat Jalan

1 April 2021



Asuransi kesehatan dikategorikan ke dalam beberapa jenis. Berdasarkan jenis perawatannya, asuransi kesehatan dibagi menjadi dua, yakni asuransi rawat inap dan asuransi rawat jalan. Untuk kali ini, kita akan membahas lebih detail tentang asuransi rawat jalan agar Anda mengetahui hal-hal yang perlu diketahui bila memiliki asuransi tersebut.

Dalam praktiknya, asuransi rawat jalan memberikan jaminan perlindungan pengobatan yang dilakukan tanpa adanya perawatan yang mengharuskan pasien menginap dan penanganan khusus di rumah sakit. Komponen biaya yang akan ditanggung adalah biaya konsultasi dokter, obat-obatan, laboratorium.
Nah, agar Anda mendapatkan manfaat asuransi rawat jalan, berikut beberapa yang perlu diperhatikan.

Manfaat Asuransi
Asuransi kesehatan yang ada di Indonesia sangat banyak. Tiap perusahaan asuransi tentu berlomba-lomba memberikan asuransi kesehatan terbaik untuk para nasabahnya. Namun, sederet fitur dan manfaat yang ditawarkan kadang membuat calon nasabah bingung untuk menentukan pilihan.

Jadi, ada baiknya membandingkan manfaat yang ditawarkan dari sejumlah perusahaan asuransi. Cari asuransi kesehatan dengan manfaat yang paling dibutuhkan. Salah satunya mengenai manfaat asuransi rawat jalan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan klaim atas berbagai tindakan pengobatan yang dilakukan tanpa rawat inap.

Baca Juga
Produk Asuransi Rawat Jalan
Penting! Ini Alasan Asuransi Rawat Jalan Harus Dimiliki
Perhatikan Hal Berikut Sebelum Daftar Asuransi Rawat Jalan
Manfaat Memiliki Asuransi Rawat Inap dan Rawat Jalan

Rumah Sakit Rekanan
Tiap perusahaan asuransi memiliki rumah sakit rekanan yang berbeda. Jadi, pilihlah asuransi rawat jalan yang bisa digunakan di rumah sakit terdekat dari Anda atau rumah sakit yang sudah menjadi kepercayaan Anda serta keluarga. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penanganan secara cepat dari dokter rumah sakit bila sewaktu-waktu sakit atau butuh penanganan medis. 

Klaim
Ada dua cara klaim yang membedakan asuransi rawat jalan, yaitu pembayaran klaim secara reimbursement dan cashless.

Asuransi kesehatan dengan pembayaran secara reimbursement menerapkan sistem penggantian biaya pembayaran setelah nasabah konsultasi dengan dokter dan mendapatkan obat-obat yang dibutuhkan. Sehingga, nasabah perlu bayar biaya pengobatan terlebih dahulu kemudian mengajukan klaim ke pihak asuransi atas biaya perawatannya. 

Sementara itu, sistem cashless menawarkan kemudahan pembayaran untuk nasabah asuransi kesehatan. Nasabah hanya perlu menunjukkan kartu kepesertaan asuransinya ke bagian administrasi rumah sakit rekanan, dan pihak rumah sakit yang akan mengajukan tagihan ke perusahaan asuransi.

Sequis menyediakan serangkaian produk asuransi kesehatan rawat inap dan asuransi rawat jalan dengan berbagai manfaat dan premi terjangkau. Apabila membutuhkan bantuan untuk mempertimbangkan produk yang dibutuhkan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistant. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com

Butuh bantuan ?