Cara Menabung Walau Gaji Belum Besar

3 Maret 2021



Menabung bakal mudah dilakukan bila ada kedisiplinan mengatur keuangan. Bahkan, tabungan para fresh graduate yang belum mendapatkan penghasilan besar bisa lebih baik dibandingkan orang-orang dengan gaji tinggi namun terbiasa hidup konsumtif dan tidak memiliki perencanaan keuangan yang matang.

Untungnya, saat ini sudah banyak aplikasi dan literasi yang akan membantu para fresh graduate menabung secara efektif tanpa harus menunggu mendapat gaji besar.

Disiplin Menyisihkan Uang
Dari beragam literasi yang dikemukakan oleh pakar, rasanya ada beberapa saran yang bisa diaplikasikan oleh para fresh graduate, yakni disiplin dalam menyisihkan uang dalam periode yang sudah disepakati. Misal, Anda sanggup menyisihkan uang Rp100 ribu selama sepekan. Atau bila angka itu masih memberatkan, bisa dengan berkomitmen dengan angka kecil, seperti Rp10 ribu per hari. Usahakan untuk melakukannya secara konsisten. Jangan tergoda untuk menggunakan uang yang seharusnya untuk ditabung untuk keperluaan tersier.

Kurangi Kebiasaan Makan di Luar
Makan di restoran sesekali tidak masalah. Tetapi bila ini menjadi sebuah kebiasaan rutin tentunya akan menghabiskan gaji secara cepat. Nah, pengeluaran ini seharusnya bisa dipangkas dalam kondisi pandemi covid-19 seperti sekarang ini.

Cermat dalam Berbelanja
Berbelanja dengan gaji kecil membutuhkan strategi agar uang yang dimiliki dapat mencukupi. Coba cermati lagi kebiasaan belanja yang sudah dijalankan lalu cek apa ada peluang dalam anggaran tersebut untuk dikurangi.

Berasuransi
Anda juga harus memproteksi keuangan dan kesehatan dengan asuransi. Dengan berasuransi, Anda bisa mencegah tabungan dan dana darurat langsung ludes karena harus membayar biaya perawatan kesehatan. Dengan asuransi pula, Anda bisa mendapatkan perawatan optimal tanpa harus memikirkan biaya karena sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Butuh bantuan ?