Usia Penerima Suntik Vaksin Covid-19

2 Maret 2021


Vaksin covid-19


Vaksinasi covid-19 di Indonesia sudah dimulai sejak Januari 2021. Petinggi negara, publik figur, dan tenaga kesehatan menjadi kelompok pertama yang divaksin. Lalu vaksinasi dilanjutkan ke kelompok pelayanan publik, lansia, wartawan, dan pedagang pasar.

Akan tetapi, tidak semua orang dari kelompok itu bisa menerima vaksin covid-19. Pemerintah melalui kementerian kesehatan sudah menentukan sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh masyarakat agar bisa disuntik vaksin covid-19. Salah satu syaratnya adalah usia.

Pemerintah Indonesia menyatakan enam produsen yang akan menyiapkan vaksin covid-19 di Tanah Air. Keenam produsen vaksin covid-19 tersebut adalah Bio Farma-Sinovac, Oxford-AstraZeneca, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Pfizer-BioNTech, Moderna, dan Novavax.

Nah, setiap produsen memiliki ketentuan masing-masing mengenai syarat usia. Selain itu, batas usia penerima juga akan disesuaikan dengan uji klinis masing-masing vaksin covid-19. Berikut persyaratannya seperti dilansir dari detik.com

1. Sinovac-Bio Farma
Sinovac melakukan uji klinis terhadap dua kolompok usia, yakni dewasa (18-59 tahun) dan lansia (60 tahun ke atas). Dalam praktiknya, vaksin covid-19 ini diberikan dalam jumlah dua dosis dengan rentang waktu 14 hari untuk usia 18-59 tahun. Sedangkan lansia memiliki rentang waktu 28 hari.

2. Pfizer-BioNTech
Berdasarkan data yang dirilis, ada tiga kelompok relawan yang menerima suntikan vaksin covid-19, di antaranya kelompok usia 12-15 tahun, usia 16-55 tahun, dan 55 tahun ke atas. Vaksin yang juga digunakan di Inggris, Bahrain, Kanada, Meksiko, Amerika Serikat, Arab Saudi dan Uni Eropa ini akan disuntikkan dalam dua dosis dengan selang waktu 21 hari.

3. Moderna
Vaksin covid-19Moderna ditujukan untuk orang berusia 18 tahun ke atas. Setiap orang menerima dua dosis suntikan dengan selang waktu 28 hari. Sebelumnya, Moderna menguji vaksin covid-19terhadap 10 orang dewasa berusia 56 tahun dan 70 tahun, lalu 10 orang dewasa lanjut usia 71 tahun ke atas.

4. Oxford-AstraZeneca
World Health Organization (WHO) memberikan rekomendasi sementara terkait vaksin ini, yakni dapat diberikan kepada orang-orang yang berusia 18 tahun ke atas "tanpa batas usia maksimal".

5. Novavax
Untuk saat ini, vaksinasi Novavax dibatasi untuk usia 18-59 tahun. 

6. Sinopharm
Saat uji klinis, vaksin covid-19Sinopharm disuntikkan kepada orang sehat berusia 18-80 tahun, dengan dua dosis vaksin covid-19 per relawan. Saat ini, vaksin Sinopharm sudah diberikan ke Uni Emirat Arab, Bahrain, serta Mesir.

Butuh bantuan ?