Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Yuk, Pulihkan Kembali Kondisi Keuangan Pasca Lebaran

26 April 2022



Bulan Ramadan telah berakhir dan momen perayaaan Idul Fitri juga sudah dilewati. Seperti kita ketahui lebaran di Indonesia identik dengan banyaknya pengeluaran ekstra. Contohnya mulai dari kebutuhan membeli baju baru untuk lebaran, kue lebaran, paket hampers, amplop untuk sanak saudara, dan biaya lainnya untuk mudik. Banyak yang tidak menyadari besarnya pengeluaran ini sehingga tanpa terasa usai lebaran kondisi keuangan sudah berkurang karena minimnya kedisiplinan dalam mengelola keuangan. 

Belajar dari pengalaman ini dan sebagai pelajaran untuk dapat mengatur keuangan pasca lebaran ke depannya, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan. 

1.    Periksa Catatan Pengeluaran & Atur Kembali
Periksa kembali catatan pengeluaran sebelum vs sesudah lebaran. Cek dan tinjau ulang apakah ada pengeluaran yang melebihi bujet atau di luar rencana? Anda dapat melihat mana saja yang menjadi pos pengeluaran yang kurang penting agar tahun depan hal tersebut tidak terulang. Hasil evaluasi ini bisa menjadi catatan Anda untuk mengatur perencanaan keuangan untuk lebaran tahun depan. 

2.    Set Skala Prioritas Kebutuhan
Usai semua pos-pos pengeluaran di atas sudah Anda rinci, berikutnya urutkan pos-pos pengeluaran selanjutnya berdasarkan prioritas kebutuhan yang utama. Untuk kebutuhan yang bersifat entertain seperti liburan sementara dapat dikesampingkan dulu. Dengan demikian dana yang tersedia dapat digunakan untuk hal-hal yang utama bahkan bisa disimpan sebagian dalam bentuk investasi seperti deposito. 

3.    Lunasi Utang (Jika Ada) 
Bila pada saat lebaran Anda mungkin sempat menggunakan kartu kredit sebagai alternatif     pembayaran sebaiknya segera lunasi. Hal ini untuk mencegah adanya utang yang membesar dari  bunga kartu kredit. Sehingga pada bulan selanjutnya Anda bisa fokus pada investasi kebutuhan keuangan di masa depan.

4.    Batasi Pengeluaran Harian
Membatasi pengeluaran harian dapat dilakukan dengan membuat daftar belanja sesuai dengan kebutuhan. Sehingga Anda hanya akan belanja barang-barang yang dibutuhkan. Anda juga bisa mulai mengurangi membeli makanan di luar ketika bekerja dan biasakan membawa bekal dari rumah. Bila Anda biasanya menggunakan mobil pribadi untuk ke kantor, Anda juga bisa mulai beralih ke transportasi umum seperti busway atau MRT.

5.    Mulai Berinvestasi di Asuransi Jiwa Unit Link
Langkah berikutnya agar lebaran berikutnya uang THR Anda tidak habis begitu saja adalah dengan menyisihkan sebagian dana untuk investasi. Salah satu bentuk investasi yang dapat Anda lakukan adalah dengan membeli asuransi jiwa dengan unsur investasi atau unit link. Menyiapkan dana masa depan lewat asuransi sangat baik karena asuransi memberikan proteksi guna menjaga keberlangsungan hidup di masa depan jika terjadi risiko sakit, kecelakaan hingga kematian. Salah satu produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah SequislinQ New Gen Protector.

Produk ini memiliki beragam manfaat antara lain manfaat perlindungan jiwa sekaligus investasi, manfaat asuransi jiwa sampai usia 100 tahun, dan nilai polis yang terkumpul akan dibayarkan apabila Tertanggung bertahan hidup hingga akhir Masa Pertanggungan Asuransi.  Alangkah baiknya juga jika Anda menambahkan rider asuransi kesehatan. Dengan demikian kelak di masa mendatang akan ada dana yang tetap tersimpan seandainya risiko-risiko yang mengancam kesehatan terjadi. Bila Anda tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pilihan produk lainnya dari Sequis Anda bisa berkonsultasi dengan menghubungi Sequis di nomor telepon (62-21) 2994 - 2929 atau mengirimkan email ke care@sequislife.com atau langsung menguhubungi tenaga pemasar yang siap membantu Anda lewat fasilitas Find Agent di www.sequis.co.id 

Butuh bantuan ?