Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Sequis Gandeng AdMedika dan International Assistance Tawarkan Fasilitas Berobat Cashless di Malaysia

11 Agustus 2015



  • Sequis berikan fasilitas layanan kesehatan  tambahan: berobat cashless ke Malaysia untuk nasabah premium yang memiliki  produk health rider 
  • Perluasan jaringan kerjasama fasilitas layanan kesehatan hingga ke Malaysia inibekerjasama dengan AdMedika dan International Assistance (IA)

Jakarta – 11 Agustus 2015,  PT AJ Sequis Life (Sequis) bekerjasama dengan PT Adminitrasi Medika (AdMedika) dan International Assistance Sdn Bhd (IA Malaysia), meluncurkan fasilitas berobat cashless bagi nasabah premium individual yang ingin melakukan pengobatan kesehatan di Malaysia. Layanan ini efektif dapat digunakan pada 1 September 2015.

Kesadaran pentingnya kesehatan dan memiliki perlindungan asuransi kesehatan membuat masyarakat semakin selektif mencari pengobatan, termasuk memilih tujuan berobat ke luar negeri. Salah satu negara tujuan berobat adalah Malaysia. Sequis, sebagai salah satu perusahaan asuransi yang menyediakan riderasuransi kesehatan, menyediakan fasilitas tambahan yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah premiumnya sebagai jawaban atas kebutuhan berobat masyarakat khususnya nasabah Sequis. "Kami bekerjasama dengan AdMedika dan IA sebagai provider penyedia layanan ini, Sequis bermaksud memberikan keuntungan lebih bagi nasabah premium pengguna kartu cashless yaitu dengan menyediakan fasilitas tambahan berobat ke Malaysia,” ujar Tatang Widjaja, President Director & CEO, PT AJ Sequis Life.

“Kami melihat banyak nasabah premium Sequis yang memiliki kartu cashless yaitu sekitar 15 ribu orang dan melihat dari data claim di mana banyak nasabah Sequis, sekitar 2 ribu yang mencari layanan kesehatan di Malaysia. Menurut data dari  Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) pada tahun 2014, terdapat 882,000 pasien dari negara lain yang berobat di Malaysia dan sebagian besar adalah warga Indonesia. Dua hal ini adalah  pertimbangan mengapa Sequis meluncurkan fasilitas ini. Nasabah premium akan mendapatkan banyak kemudahan layanan rumah sakit di Malaysia tanpa perlu khawatir berurusan dengan administrasi, prosedural dan layanan rumah sakit tujuan maupun kesulitan bahasa,” ujar Tatang.

Kartu cashless sendiri adalah sebuah kartu yang didalamnya terdapat identitas unik dari pasien. Dengan data dalam kartu ini, keabsahan dan data jaminan kesehatan pasien dapat di verifikasi secara online. Cukup dengan memperlihatkan kartu tersebut kepada petugas pendaftaran rumah sakit, pasien sudah dapat menikmati layanan kesehatan non tunai atau yang disebut cashless health treatment.

Nasabah yang memiliki health rider produk dengan Room and Board di atas 1 juta rupiah, sudah bisa memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan ini. Nasabah bisa langsung melihat daftar rumah sakit rekanan melalui mobile apps atau website Sequis.

Layanan fasilitas ini bisa didapatkan di rumah sakit besar di Malaysia (lihat daftar terlampir). Pemilihan rumah sakit tersebut berdasarkan banyaknya data claim nasabah Sequis pengguna kartu cashless yang memanfaatkan keuntungan menjalani perawatan di rumah sakit tersebut. Ke depannya, Sequis akan memperluas kerjasama jaringan rumah sakitnya agar bisa memberikan banyak pilihan kepada nasabah.

Syaifudin, Direktur Utama AdMedika mengatakan, “Kami melayani sekitar 127.000 nasabah Sequis dengan layanan Claim Management yang kami sebut dengan AdClaim. Nasabah Sequis dapat menikmati layanan cashless di mitra jaringan rumah sakit AdMedika di seluruh Indonesia dan kini dengan kemitraan kami dengan International Assistance (IA), nasabah premium Sequis juga dapat menikmati layanan serupa di rumah sakit di Malaysia. Dengan adanya program ini, AdMedika optimis akan banyak nasabah yang akhirnya beralih dari cara tradisional, seperti misalnya menggunakan sistem reimbursement.”

Ravi Kanason, Chief Executive Officer IA mengatakan hal senada, dengan pesatnya perkembangan dunia saat ini, kemampuan untuk mengerti dan sejalan dengan banyaknya perawatan penyakit menjadi sangat kompleks dan bermacam-macam sehingga membuat cara tradisional sudah ketinggalan jaman dan harus digantikan dengan metode baru yang canggih. “Untuk mendukung nasabah yang ingin berobat ke Malaysia kapanpun, kami menyediakan fasilitas layanan online dan real time 7 x 24 jam dengan helpline di nomor 1-800-22-SEQUIS serta bebas pulsa.

“Kami yakin fasilitas ini akan mempengaruhi pertumbuhan pengguna produk cashless, karena fasilitas ini sangat mempermudah proses perawatan kesehatan. Jika tadinya harus melakukan cara reimburse, namun dengan cashless, hanya dengan menunjukan kartu kepada petugas di rumah sakit yang bekerjasama dengan Sequis maka proses perawatan kesehatan sudah bisa dilakukan, ditambah lagi dengan peningkatan jumlah aparat pemasaran Sequis yang saat ini sudah mencapai lebih dari 13 ribu agen,  ini merupakan sinyal positif bahwa produk Sequis dapat diterima dengan baik di Indonesia dan layanan aparat pemasaran kami dapat dipercaya,  tambah Tatang lagi.

Sementara itu bagi Admedika dan IA, bahwa dengan adanya kerjasama ini, kedua belah pihak bisa dapat saling bersinergi untuk memperluas cakupan wilayah layanannya sehingga dapat mencapai target dari masing-masing perusahaan.

 

  1. Tentang Sequis
  • Sequislife berdiri di Jakarta  tahun 1984. Pada awalnya Sequislife masih tergabung dengan satu badan perusahaan dengan nama PT. Universal Life Indo. Tahun 1992, PT. Universal Life Indo melakukan joint venture dengan New York Life (NYL) International Incorporation, kemudian merubah nama perusahaannya menjadi Sewu New York Life. Di tahun 2003, seluruh saham dari New York Life diakuisisi dan diikuti dengan perubahan nama perusahaan menjadi Sequislife. Selama perjalanannya, Sequislife telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam menetapkan standarisasi internasional dalam bidang Asuransi Jiwa kepada setiap nasabahnya. Pada tahun 2005, Sequislife  kembali  mengakuisisi  seluruh  saham sebuah  perusahaan  multinasional, Met Life Indonesia untuk mengakomodasi pertumbuhan perusahaan yang semakin besar setiap tahunnya. Nama Met Life Indonesia kemudian menjadi Sequis Financial. Sequis Financial, lebih difokuskan pada Alternative Distribution Channel yang mencakup Employee Benefit Business, Partnership Distribution dan Telemarketing.

  • Pada 30 Mei 2011, Sequislife menerima penghargaan MURI sebagai Perusahaan Asuransi Jiwa Lokal Pertama Di Indonesia yang mengakuisisi dua  perusahaan Asuransi Jiwa Asing. Tahun 2013, Sequislife mendapatkan penghargaan dari Majalah Infobank sebagai Asuransi Yang Berpredikat Sangat Bagus Berdasarkan Kinerja Keuangan Tahun 2012,  pada  kategori Asuransi Jiwa ber-premi bruto lebih dari Rp 1 Triliun. Di tahun yang sama,  Sequislife juga berhasil meraih  penghargaan pada Indonesia Insurance Award  dari Majalah  Business Review untuk kategori The Best of Life Insurance (Kategori Aset > 1 Triliun),  CEO for Inner Potential.  Penghargaan PR  Program  & People of The Year 2013 dari Majalah MIX. Pada tahun 2014, Sequislife mendapatkan  Penghargaan Asuransi Yang Berpredikat Sangat Bagus berdasarkan kinerja keuangan selama tahun 2013 di kategori Asuransi Jiwa Berpremi Bruto Rp 1 triliun ke atas dari majalah Infobank.

 

  • Tahun 2014 Sequislife melakukan strategic partnership dengan Nippon Life Insurance Company, melalui pembelian saham baru (new subscription) atas right issue sebesar 20% atau senilai Rp 4.87 Triliun. Kemitraan dilakukan untuk memperkuat posisi dan kemampuan bisnis Sequislife di Indonesia serta membuka peluang kepada kedua institusi untuk saling berbagi pengetahuan mengenai praktek bisnis asuransi yang terbaik. Nippon Life Insurance Company, didirikan pada tahun 1889 dan  merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Jepang dengan total aset lebih dari JP¥ 57,090 milyar atau setara dengan USD 545,704 milyar per 31 Desember 2014 yang menyediakan berbagai produk asuransi seperti asuransi individu dan grup serta polis tunjangan hari tua melalui berbagai saluran distribusi dan beroperasi di Jepang beserta perusahaan asosiasi di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Sequislife memilih Nippon Life sebagai partner, karena  memiliki visi yang sama, dan landasan filosofi yang sama yaitu Mutual Understanding (Saling Mengerti), Mutual Respect (Saling Menghormati), Mutual Trust (Saling Percaya).

 

  • Pada tahun 2015, PT Asuransi Jiwa Sequis Life membentuk Sequis sebagai umbrella brand untuk unit bisnisnya yaitu Sequislife dan Sequis Financial untuk memperkuat eksistensinya sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia. Untuk mendukung Visi 2020: To Be THE Leading Life and Health Insurer in Indonesia dan misi milik Sequis, perlu dilakukan beberapa perubahan pada fokus dan unit distribusinya. Perubahan pada single brandmenjadi umbrella brandSequis, yang berfokus pada tiga hal; Jiwa, Kesehatan dan Investasi, disertai perubahan tagline menjadi Your Better Tomorrow” untuk memperkuat dedikasi Sequis pada nasabahnya.

 

  • Layanan Nasabah:
  • Pusat layanan nasabah Sequis yaitu National Service Center (NSC) di Sequis Center Building Lt Dasar. Jl Jend Sudirman No 71 Jakarta 12190  T: (021) 5223 123 F: (021) 5223260. NSC beroperasi setiap hari kerja, Senin - Jumat, pukul 08.15 - 17.00 WIB.

 

  • Sequis juga memiliki kantor layanan nasabah yaitu Regional Service Center  (RSC) yang berada di 5 kota:  Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar. RSC beroperasi setiap hari kerja Senin - kamis pukul 08.15 - 17.00, Jumat 08.15 - 16.15  dan Sabtu pukul 08.00 - 12.00 waktu setempat

 

  • Sequis menyediakan layanan nasabah melalui Sequis Care di (021) 2994 2929 pada hari Senin – Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB atau e-mail: care@sequislife.com.

 

  • Untuk mempermudah akses nasabah yang mobile dan tidak memiliki waktu mengunjungi service center, dapat mengunjungi my.sequislife.com, yaitu fasilitas pemberian akun pribadi nasabah untuk  penerimaan notifikasi jatuh tempo pembayaran premi dan pernyataan transaksi yang dapat dicetak ulang kapan saja.

 

  1. Tentang PT Administrasi Medika (AdMedika)

PT Administrasi Medika atau lebih dikenal dengan AdMedika, didirikan pada tahun 2002 dan bergabung dengan Telkom Group pada tahun 2010 di bawah anak perusahaan holding Telkom Indonesia, PT  Multimedia Nusantara (TelkomMetra), yang melayani jutaan anggota dengan berbagai layanan yang komprehensif yang mencakup layanan manajemen Klaim Kesehatan, Manajemen Risiko Kesehatan (Health Risk Management), Sistem Informasi Kesehatan dan layanan Bantuan Darurat.

Saat ini AdMedika melayani lebih dari 3,3 juta peserta dari 75 klien baik dari Asuransi Swasta, Korporasi dan juga BUMN. Saat ini AdMedika mempunyai lebih dari 2200 jaringan provider yang tersebar di seluruh Indonesia dan negara negara di kawasan regional seperti Malaysia, Singapura, Kamboja, Thailand. Melalui kemitraan global, AdMedika juga telah mempunyai kerja sama tidak langsung dengan lebih dari 1.000 jaringan provider yang tersebar di seluruh dunia.

  1. Tentang International Assistance Sdn Bhd (IA)

IA International Assistance Sdn Bhd, atau lebih di kenal di Malaysia Sebagai "IA Malaysia" telah didirikan pada tahun 2010 di Malaysia oleh Shareholder Founder Mr Ravi Kanason., dengan concept Efficency, without the compromise of cost and deliverables untuk pasar Healthcare Claims Management Insurancedan Corporate di Malaysia, sambil membuka peluang di region untuk menikmati jasa pengobatan eksklusif di Fasilitas Kesehatan di Malaysia untuk mereka yang mau berobat dari negara negara kejiranan.

 

Sejak didirikan, IA Malaysia sudah bercapai network yang extensive di seleuruh Malaysia, berkerjasama dengan lebih dari 1600 primary healthcare facility dan 120 tertiary healthcare facility. Jasa dan Service model yang comprehensive dari Health Insurance and Corporate claims management, sampai dengan emergency medical and evacuation assistance service untuk pasar domestic, regional dan Eropah memposisikan IA Malaysia sebagai "The Preferred" choice di Malaysia.

Butuh bantuan ?