Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

5 Pilihan Jenis Investasi untuk Pasangan Muda

5 Agustus 2022



Pernikahan sama artinya dengan memulai tahap kehidupan baru. Segalanya harus ditata bersama dari awal termasuk cara mengembangkan kemampuan finansial keluarga. Ada banyak hal yang Anda bisa lakukan untuk meningkatkannya. Salah satu langkah cermat adalah dengan memulai investasi. 

Berikut ini beberapa jenis investasi yang bisa Anda manfaatkan. 

1.    Investasi emas 
Meskipun konvensional, jenis investasi ini masih banyak diminati oleh masyarakat karena mudah dilakukan. Anda bisa membeli dalam jumlah tertentu, mulai dari 5 gram, 10 gram, hingga 25 gram, bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan. Investasi ini bisa berupa perhiasan maupun emas batangan. 

Keuntungan jenis investasi ini adalah mudah dicairkan. Misalnya Anda memiliki keperluan mendesak, emas tersebut bisa dijual. Harga emas biasanya cenderung meningkat. Sedangkan persentase penurunan biasanya tidak terlalu signifikan. Anda harus jeli dan memastikan emas yang Anda beli memiliki sertifikat keaslian dari lembaga tepercaya. 

Baca Juga
Penarikan Investasi dan Deviden
Penarikan Nilai Tunai / Dana Investasi
Pengajuan Transaksi Polis Unit Link
Investasi Jadi Tren, Kenali Investasi Bodong Agar Tak Rugi
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana

2.    Investasi saham
Dulu, jenis investasi ini dijalankan oleh kalangan tertentu saja. Namun sekarang, investasi saham bisa dilakukan oleh siapa saja dengan harga yang terjangkau. Bahkan investasi ini bisa dijadikan dan diandalkan sebagai investasi jangka panjang. Misalnya untuk tabungan pendidikan anak dan membeli rumah. 

Meski begitu, investasi saham memiliki risiko yang cukup tinggi. Jadi, sebaiknya Anda pahami dulu cara kerjanya sebelum memulai investasi. 

3.    Investasi surat berharga negara
Sesuai namanya, Surat Berharga Negara (SBN) dikeluarkan oleh negara dengan potensi keuntungan yang cukup besar. Beberapa SBN yang banyak dipilih adalah obligasi ritel Indonesia (ORI), saving bond ritel, maupun sukuk ritel. Keuntungan lainnya adalah Anda juga berperan serta dalam pembiayaan pembangunan negara. 

4.    Tabungan deposito
Banyak orang yang memillih jenis investasi ini karena prosesnya tidak rumit dan bebas biaya potongan untuk administrasi. Tabungan deposito bisa dipilih dengan jangka waktu beragam.  Dari segi keuntungan, sedikit lebih besar dari tabungan biasa. 

5.    Reksa dana
Reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang cocok untuk pemula. Karena bisa dimulai dengan modal terjangkau dan memiliki tingkat risiko beragam. Dalam praktiknya, dana investasi Anda akan dikelola oleh manajer investasi dan melaporkannya secara periodik kepada Anda. Ada 4 jenis reksa dana yang bisa Anda manfaatkan untuk menabung yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

Butuh bantuan ?