Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Investasi Jadi Tren, Kenali Investasi Bodong Agar Tak Rugi

13 Oktober 2021



Investasi menjadi tren di masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, pamornya makin meninggi pada masa pandemi covid-19. Itu bisa terlihat dari tren yang terjadi di media sosial dalam dua tahun terakhir ketika teman atau akun yang kita follow mendadak rajin bahas investasi saham hingga kripto.

Tren selalu menimbulkan efek positif dan negatif. Di satu sisi, tren ini membuat makin banyak masyarakat di Indonesia yang perlahan-lahan mulai memahami cara meningkatkan aset dan menggapai financial freedom. Namun di sisi lain, tren ini memunculkan oknum-oknum baru yang punya niat jahat meraup keuntungan dengan cara curang. Oknum tersebut adalah para penipu yang menciptakan investasi bodong.

Model investasi yang mereka tawarkan sebetulnya tidak masuk akal, yakni iming-iming untung besar dengan modal yang kecil. Bahkan, ada yang dijanjikan imbal hasil hingga 50% hanya dalam kurun waktu satu tahun. Meski begitu, masih ada saja yang tergiur, terjebak, hingga tertipu tawaran dari investasi bodong tersebut.

Ada beberapa cara yang biasanya dilakukan oleh para oknum investasi bodong ketika menjalankan misinya. Ada yang menawarkan investasi secara online, ada pula dalam konsep arisan, hingga koperasi bodong. Untuk konsep yang terakhir, para penipu biasanya meminta nasabah untuk menyimpan uang di koperasi lalu diberi iming-imingi dengan sejumlah bunga besar perbulannya. Sedangkan orang yang sudah tergabung dalam koperasi diminta untuk mencari calon investor lain guna mendapatkan bonus.  

Baca Juga
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana
Potensi Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana
Langkah Mudah dalam Melakukan Investasi Reksa Dana
Menjelang 2022, Yuk Belajar Investasi Reksa Dana
Kenali Risiko Berinvestasi di Reksa Dana
 

Modus Investasi Bodong
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berusaha memberikan literasi mengenai investasi kepada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat lebih mengerti tentang dunia investasi dan tahu intrik-intrik yang biasanya dilakukan oleh perusahaan investasi bodong untuk menggaet investor pemula.

Dari laman OJK, setidaknya ada lima modus yang biasanya dijanjikan oleh perusahaan investasi bodong:

1. Keuntungan Tinggi
Konsep sederhana invsetasi adalah high risk, high return atau makin besar keuntungan yang ingin didapat, makin besar risikonya. Jadi, tidak ada sekuritas atau perusahaan investasi yang secara gamblang menjanjinkan keuntungan tinggi kepada investor.

Investasi, terutama investasi pasar modal adalah dunia yang penuh perhitungan. Ada analisis fundamental dan teknikal  di dalamnya. Harga saham perusahaan juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi negara dan global, kinerja dan uang kas perusahaan,  hingga kondisi politik suatu negara. Jadi, tidak ada yang bisa menggaransi saham tertentu bisa memberikan keuntungan hingga 50% atau selalu memberikan cuan 10% tiap bulan.

2. Keuntungan Singkat
Selain keuntungan besar, investasi bodong juga biasanya menjanjikan keuntungan yang bisa didapat dalam waktu singkat. Bahkan, ada yang sesumbar bisa memberikan keuntungan hingga 100% hanya dalam kurun waktu 1-3 bulan.

3. Keuntungan Tersendat
Manis saat awal dan pahit di momen berikutnya. Rasanya itu sudah menjadi cerita yang sering dialami oleh masyarakat yang terjebak investasi bodong. Awalnya, masyarakat mendapatkan keuntungan yang dijanjikan. Namun setelah menambah modal investasi, imbal hasil justru tidak lagi didapat. Perusahaan investasi bodong biasanya akan berkilah dengan berbagai alasan agar tidak dikomplain. Beberapa investor bodong lainnya bahkan berani melarikan diri dengan membawa uang modal dari masyarakat.

4. Level Investasi
Investasi bodong biasanya menawarkan pilihan level kepada investor pemula saat ingin memulai menanamkan modal. Misal level silver, gold, atau platinum. Nah semakin tinggi level, semakin besar modal yang harus disetorkan. Semakin tinggi level pula, keuntungan yang akan didapat semakin banyak.

5. Surat-surat Perusahaan, Produk, dan Pengelolaan Sumber Dana Tidak Jelas
Rekam jejak perusahaan investasi bodong tidak terdeteksi. Perusahaan tersebut juga tidak terdaftar di OJK dan terkesan sembunyi-sembunyi saat menawarkan produk. Bahkan, produk yang ditawarkan juga tidak dipaparkan secara detail. Dalam sejumlah kasus yang kerap muncul di media massa, korban investasi bodong tidak mengetahui produk yang dibeli. Jadi tidak heran, ketika korban meminta pertanggungjawaban, perusahaan investasi bodong juga tidak memiliki pembukuan dan pengelolaan sumber dana yang tidak jelas

Butuh bantuan ?