Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ayo Cegah Jompo di Usia Muda

3 Oktober 2022



Akhir-akhir ini, istilah fenomena jompo di usia muda sedang hits. Sebutan ini ditujukan kepada anak muda yang sering merasa lelah, letih, lesu, pegal-pegal dan merasa malas melakukan aktivitas  atau kegiatan apapun. Padahal seharusnya, anak muda identik dengan jiwa yang aktif dan melakukan kegiatan-kegiatan produktif.  

Lantas, apa yang membuat banyak muda mengalami fenomena ‘jompo’ pada saat ini? Dilansir dari laman Gema Unesa, Dokter RS PKU Muhammadiyah, Prambanan Dien Kalbu Ady menjelaskan terdapat beberapa penyebab fisik orang usia muda atau remaja bisa mudah lemah. Berikut ini beberapa di antaranya: 

•    Kurang aktivitas fisik 
Kurang berolahraga atau aktivitas fisik bisa membuat tubuh mudah terkena obesitas. Tubuh yang mulai obesitas membuat otot tak mampu menahan beban yang lebih. Akibatnya, nyeri otot dan sendi sering muncul dan membuat seseorang menjadi malas serta kesulitan untuk bergerak. 

•    Posisi duduk yang salah
Kadang, duduk dengan durasi yang lama dapat menyebabkan rasa sakit di punggung. Rasa nyeri bisa menjalar ke leher dan bahu bila Anda duduk dengan posisi yang salah. Bagi Anda yang duduk lama ketika work from home (wfh) dan work from office (wfo), usahakan untuk memposisikan leher dan kepala tetap lurus namun nyaman. Selain itu, sedikit turunkan dagu dan jaga bahu tetap santai. Bila Anda terlalu lama bermain smartphone, cobalah untuk istirahat sejenak setiap 2 jam agar otot leher dan bahu tidak kaku.

Baca Juga
Depresi: Penyebab dan Solusinya
Sekilas Tentang Cacar Monyet yang Sudah Ada di Indonesia
Jalan Kaki, Olahraga Simpel yang Punya Banyak Manfaat
Cuci Darah Akibat Gagal Ginjal, Akibat Kurang Minum?
Asuransi Kesehatan Cover Kanker, Kapan Bisa Digunakan?
Sakit Tenggorokan? Obati dengan Minuman Alami Berikut Ini

•    Stres
Akhir-akhir ini, stres mendadak menjadi penyakit yang lazim dialami oleh anak muda. Stres yang mereka alami biasanya muncul karena masalah kehidupan sosial, pertemanan, efek pandemi covid-19, hingga karena urusan pekerjaan. Apesnya, stres yang berkepanjangan juga bisa membuat badan menjadi sakit karena tegang di bagian punggung, pinggang, leher, dan bahu. 

Bila ciri-ciri seperti itu menyerang,  berarti Anda sudah terserang fenomena jompo dini.  Lalu, bagaimana agar Anda tidak terserang fenomena ini?

1.    Lakukan olahraga teratur seminggu 2-3 kali dengan durasi minimal 30 menit. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan di antaranya, jogging, bersepeda, atau sekadar jalan santai. 
2.    Makan makanan yang tinggi zat besi seperti ikan, sayuran, tahu serta kacang-kacangan.
3.    Lakukan posisi duduk yang ergonomis dan diselingi dengan gerakan-gerakan peregangan.
4.    Mencoba meditasi atau yoga agar memberikan kebugaran fisik dan kesehatan mental. 
5.    Kurangi bermain smartphone saat rebahan. Usahakan duduk dengan posisi yang benar ketika Anda bermain medsos. 

Butuh bantuan ?