4 Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa di Tengah Pandemi

19 April 2021


menggunakan masker dalam waktu lama bisa membuat mulut menjadi kering


Menggunakan masker selama pandemi covid-19 adalah sebuah keharusan. Sebab seseorang bisa mengurangi tingkat risiko penularan ketika menggunakan masker yang sesuai anjuran. Namun di sisi lain, menggunakan masker bisa menciptakan bau mulut. Terutama bagi seseorang yang sedang berpuasa.

Hal itu bisa terjadi karena menggunakan masker dalam waktu lama bisa membuat mulut menjadi kering. Apalagi bila pengguna melakukan aktivitas di luar ruang selama pandemi covid-19. Mulut bakal semakin kering ketika seseorang tak mendapatkan asupan air karena sedang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Seperti dilansir Gulf News, dengan kondisi mulut yang lebih kering, produksi air liur yang bertugas menetralkan asam di mulut ikut berkurang. Dampaknya, kadar keasaman rongga mulut jadi tidak seimbang, bakteri lebih rentan berbiak di sekitar mulut, dan menyebabkan bau mulut.

Lalu, bagaimana cara mencegah bau mulut walau tetap harus menggunakan masker selama pandemi covid-19?

Ada 4 Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa di Tengah Pandemi Covid-19

1. Tidak Mengonsumsi Kafein
Menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda adalah langkah bijak agar tidak bau mulut. Sebab, minuman berkafein bakal merangsang tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak. Alhasil, seseorang jadi rentan dehidrasi serta mulut kering. Bagi sebagian orang, kafein juga akan membuat asam lambung naik. Nah bila ini sudah terjadi, kadar keasaman di mulut juga meningkat serta diiringi pertambahan bakteri biang bau mulut

2. Perhatikan Kebersihan Gigi dan Mulut
Awali puasa Anda dengan menggosok gigi usai menyantap sahur. Jangan lupa pula bersihkan lidah agar bakteri penyebab bau mulut tidak berkembang. Bila perlu, bersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus. Dengan begitu, tidak ada makanan yang tersisa di sela-sela gigi yang berpotensi menyebabkan bau mulut.

Baca Juga
Pandemi Covid-19 Bisa Berubah Menjadi Endemi, Apa Bedanya?
Miliki Asuransi Kesehatan di Tengah Pandemi
Seperti Apa Kehidupan Setelah Pandemi Berakhir?
Penyebab Stres Selama Pandemi Covid-19 dan Cara Mengatasinya
Libur Saat Pandemi: Perhatikan Kesehatan & Finansial

3. Rutin Mengganti Masker
Bila melakukan aktivitas di luar rumah selama berpuasa, Anda wajib untuk mengganti masker selama empat jam sekali. Ini harus dilakukan karena masker yang terlalu lama digunakan cenderung lembab dan rentan terkontaminasi kuman.

4. Berhenti Merokok
Seperti dilansir Kompas.com, merokok bisa meningkatkan kadar keasaman di mulut sehingga memicu bau mulut. Potensi bau mulut makin besar terjadi bila seseorang menggunakan masker dan berpuasa ketika melakukan aktiitas di luar ruang. Jadi, ada baiknya mulai mengurangi konsumsi rokok atau kalau perlu jadikan puasa sebagai ajang untuk berhenti merokok.

Butuh bantuan ?