Penyebab Stres Selama Pandemi Covid-19 dan Cara Mengatasinya

18 Maret 2021



Mayoritas kegiatan masyarakat dilakukan di rumah selama pandemi covid-19. Karena sudah satu tahun kebiasaan itu dilaksanakan, wajar bila rasa bosan mulai melanda.
Tidak hanya bosan, sebagian masyarakat juga ada yang mulai diliputi stres selama pandemi covid-19. Permasalahan itu bisa ditimbulkan oleh berbagai sebab. Salah satunya disebabkan oleh media sosial. 

Lantaran masyarakat lebih sering di rumah dan menghabiskan waktu dengan berselancar di dunia maya, rasa cemas jadi timbul karena terlalu sering mendapat terpaan berita mengenai covid-19, berita hoaks, hingga takut ketinggalan informasi atau yang biasa disebut FOMO (Fear of Missing Out)

Jika sudah begini, ada baiknya untuk rehat sejenak dari beragam aplikasi media sosial yang saat ini beredar. Detoks bisa dimulai dengan mulai membiasakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain yang ada di rumah. Jangan lupa pula untuk memenuhi asupan makanan bergizi agar tubuh tetap fit selama di rumah. 

Masih merasa bosan, cemas, dan stres? Mulai membiasakan diri melakukan olahraga setiap pagi seperti jogging, bersepeda, aerobik, latian beban, atau yoga. Lakukan olahraga ringan ini selama minimal 30 menit. Selain mengisi waktu agar produktif, olahraga juga dapat membuat tubuh Anda fit dan bugar sehingga imunitas pun terjaga. Olahraga pun membantu mengeluarkan hormon endorfin yang bisa membuat Anda lebih bahagia.

Baca Juga
Pandemi Covid-19 Bisa Berubah Menjadi Endemi, Apa Bedanya?
Aktivitas yang Anda Lakukan & Hindari Saat Pandemi Covid-19
Hari Pendidikan Nasional Saat Pandemi COVID-19
Mengatasi Kecemasan Sosial saat Pandemi Covid-19
Asuransi Kesehatan Penting Saat Pandemi Covid-19

Bila kegiatan luar ruang masih belum cukup atau justru berolahraga di luar membuat Anda semakin takut dengan penyebaran virus covid-19, berarti ini saatnya mengubah tata letak atau fungsi ruangan agar Anda seakan masuk ke ruangan yang baru. Sebab, rasa bosan bisa jadi muncul karena Anda terus-menerus melihat pemandangan yang itu-itu saja di dalam rumah.

Atur kembali tanaman di rumah atau ubah pencahayaan rumah.  Seperti dilansir oleh media online Insider, ruangan dengan pencahayaan yang tidak memadai dapat membuat tugas-tugas tertentu sulit diselesaikan. Sebaliknya, ruangan dengan pencahayaan yang terlalu terang dapat membuat sulit tidur dan bersantai. Ujungnya, Anda bisa stres sepanjang hari.

Rasa cemas dan kesehatan mental tidak boleh dipandang sebelah mata. Jadi, lakukan perubahan bila memang sudah mulai timbul kecemasan atau rasa bosan selama pandemi covid-19.

Jangan lupa pula untuk menyiapkan perlindungan diri karena risiko bisa datang kapan saja. Perlindungan kesehatan bisa kamu miliki dengan hanya berada di dalam rumah. Ya, Sequis melalui kanal distribusi online-nya, yakni Super You mencoba memudahkan semua kalangan untuk berasuransi. Semuanya ada di ujung jari dan tinggal klik. Kunjungi www.sequis.co.id dan www.superyou.co.id untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai kemudahan berasuransi secara online.

Butuh bantuan ?