Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui

10 April 2019



Asuransi jiwa kerap identik dengan proteksi kematian. Misalnya apabila Tertanggung mengalami cacat total dan tetap atau meninggal dunia akibat kecelakaan atau meninggal dunia karena sebab alami lainnya maka keluarga yang ditinggalkan dapat tetap melanjutkan kehidupannya dengan adanya uang santunan asuransi. Namun asuransi jiwa bisa dilihat sebagai proteksi kehidupan, karena dengan asuransi jiwa maka kehidupan bisa terus berlanjut. Banyaknya manfaat asuransi jiwa tidak terlepas dari jenisnya yang beragam. Jika Anda belum mengetahuinya, Anda bisa menyimak pembahasan tentang jenis-jenis asuransi jiwa berikut ini.

Asuransi jiwa berjangka (term life insurance)
Asuransi jiwa berjangka atau term life memberikan perlindungan kepada Tertanggung/pemegang polis, dengan jangka waktu sesuai dengan kesepakatan yang berlaku. Jangka waktu tersebut bisa 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun, dan seterusnya. Sedangkan, untuk masalah premi, asuransi jiwa berjangka memiliki premi yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan jenis asuransi jiwa lainnya. Menariknya lagi, asuransi jiwa berjangka juga menawarkan kebebasan menentukan premi sesuai dengan kemampuan Tertanggung. Intinya adalah premi terjangkau, namun proteksi maksimal.

Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance)
Whole life insurance merupakan asuransi yang ditujukan untuk (calon) Tertanggung yang ingin mendapatkan perlindungan seumur hidupnya sesuai ketentuan dalam polis dengan periode pembayaran tertentu sesuai yang disepakati di awal. Jika dibandingkan dengan asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup memiliki premi yang relatif lebih tinggi. Namun kelebihannya adalah tidak perlu bayar seumur hidup untuk perlindungan seumur hidup. Premi yang sudah dibayarkan dapat digunakan untuk membayar premi yang akan datang. Premi juga tidak akan hangus dan dapat diambil keseluruhan usai kontrak asuransi berakhir.

Asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance)
Sesuai namanya, asuransi jiwa dwiguna menawarkan dua manfaat utama, yakni sebagai asuransi berjangka sekaligus tabungan. Asuransi jiwa dwiguna memiliki karakteristik berupa manfaat Uang Pertanggungan saat Tertanggung meninggal dunia dan sekaligus memberikan seluruh Uang Pertanggungan jika Tertanggung  masih hidup pada akhir Masa Pertanggungan. Dua manfaat inilah yang membuat tipe ini disebut dwiguna. Asuransi jiwa dwiguna juga dapat memberikan uang pertanggungan apabila Tertanggung mengalami kematian sebelum masa Pertanggungan berakhir. Selain manfaat hidup dan manfaat meninggal dunia, asuransi dwiguna memiliki nilai tunai yang bisa dijadikan sebagai dana pendidikan anak atau dana pensiun. Anda juga bisa mengombinasikan  dengan asuransi kesehatan seperti Sequis Q Infinite MedCare Rider dan Sequis Q Health Platinum Plus Rider.

Asuransi jiwa unit-link
Asuransi jiwa unitlink adalah penggabungan antara asuransi dan investasi. Karakteristik asuransi ini cukup unik karena memenuhi kebutuhan nasabah yang ingin mendapatkan perlindungan jiwa dan kesehatan sekaligus kebutuhan berinvestasi. Salah satu keunggulannya tentu saja kepraktisannya karena Anda bisa berinvestasi sekaligus mendapatkan perlindungan asuransi dalam produk yang sama. Terlebih, hasil atau return investasi bisa ditarik dalam kurun waktu tertentu. Bahkan umumnya return investasi bisa digunakan untuk membayar biaya asuransi tambahan atau dilakukan penarikan dana (withdrawal). Namun karena besarnya porsi/penempatan investasi tersebut terbatas dan keuntungan serta kerugian investasi tetap ditanggung oleh nasabah, biasanya imbal hasil tidak terlalu besar. 
Itulah empat jenis asuransi jiwa yang ditawarkan saat ini. Sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi jiwa, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.  Untuk mengetahui mengenai produk-produk Sequis lainnya, silahkan kunjungi www.sequis.co.id untuk melihat produk yang paling sesuai dengan Anda. Plan The Unplanned with Sequis!

Butuh bantuan ?