Kenali Jenis Asuransi Jiwa Agar Paham Saat Membeli

12 April 2022


Ada beragam alasan yang membuat seseorang enggan memiliki asuransi jiwa. Salah satu alasannya adalah kurang mengerti dengan jenis-jenis asuransi jiwa yang ditawarkan. Ada kemungkinan, mereka tidak mengerti lantaran kebingungan dengan istilah-istilah di dunia perasuransian.

Oleh sebab itu, ulasan kali ini diharapkan bisa membantu masyarakat memahami tentang asuransi jiwa. Sebab, ulasan bakal diurai dalam penjelasan yang singkat dan tidak 'ribet'.

1. Asuransi Jiwa Berjangka
Asuransi jiwa berjangka juga dikenal dengan nama Term Life Insurance. Jenis asuransi jiwa ini berfungsi memberikan perlindungan kepada Tertanggung dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, asuransi jiwa ini menawarkan kontrak perlindungan untuk 5, 10, atau 20 tahun.

Asuransi ini direkomendasikan bagi kepala keluarga yang ingin memberikan perlindungan finansial kepada ahli waris. Terutama terkait finansial untuk pendidikan anak. 

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup
Jenis asuransi ini dikenal pula dengan nama Whole Life  Insurance. Meski disebut seumur hidup, perusahaan asuransi tetap membatasi manfaat perlindungan asuransi jiwa seumur hidup hingga usia 100 tahun.

Nasabah bisa mendapatkan nilai tunai dari premi yang telah dibayarkan dalam jangka waktu tertentu selama dalam masa kontrak asuransi. Premi asuransi yang telah dibayarkan tidak hangus bila tidak ada klaim dari pihak Tertanggung. Selain itu, seluruh Uang Pertanggungan akan diberikan kepada tertanggung saat kontrak berakhir. 

Asuransi ini cocok dimiliki oleh masyarakat yang menginginkan perlindungan jiwa sekaligus tabungan untuk kebutuhan darurat. 

3. Asuransi Jiwa Dwiguna
Asuransi jiwa dwiguna atau endowment insurance  memiliki dua manfaat yang bisa Anda peroleh, yakni sebagai asuransi jiwa sekaligus tabungan hari tua. Dengan kata lain, Anda sebagai pemegang polis bisa memperoleh nilai tunai berdasarkan premi yang sudah dibayarkan jika tertanggung meninggal dunia dalam waktu tertentu sesuai kebijakan polis asuransi.

Asuransi jiwa jenis ini direkomendasikan calon nasabah yang ingin memastikan ketersediaan dana pendidikan anak, mau memiliki dana untuk kebutuhan tak terduga pada masa depan, dan ingin memiliki dana pensiun untuk hari tua.

4. Asuransi Jiwa Unit Link
Asuransi jiwa unit link memberikan dua manfaat sekaligus. Manfaat utama adalah memberikan perlindungan finansial bila Tertanggung meninggal dunia atau cacat total tetap yang menyebabkan kehilangan mata pencaharian. Bila skenario ini terjadi, ahli waris bakal mendapatkan Uang Pertanggungan (UP) dengan jumlah yang sudah disepakati pada awal perjanjian.

Manfaat kedua adalah hasil investasi. Meski begitu, keuntungan yang didapat tidak sebesar investasi secara langsung di pasar modal. Sebab, hanya sebagian uang dari premi yang dialokasikan ke investasi. Premi lebih banyak ditaruh ke proteksi jiwa.
Lalu, sama seperti investasi di instrumen lainnya, imbal hasil di asuransi unit link juga bergantung dengan performa unit investasi di pasar modal. Artinya, ada kemungkinan bahwa potensi hasil investasi dalam asuransi jiwa link mengalami kenaikan atau kerugian.

Sequis memiliki produk-produk asuransi jiwa tersebut. Silakan menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau mengirimkan email ke care@sequislife.com untuk mengetahui produk asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa dwiguna, dan asuransi jiwa unit link Sequis.

Butuh bantuan ?