Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mau Mulai Investasi? Coba Reksa Dana Pasar Uang Saja!

2 Januari 2024



Banyak orang hanya memanfaatkan bank sebagai tempat untuk menyimpan dana darurat atau dana pensiun. Harapan mereka, uang yang disetorkan ke bank bisa memberikan keuntungan dari bunga tahunan. Sebetulnya itu bukan putusan yang salah. Namun bila mencari cuan yang lebih besar, mereka disarankan menaruh modal ke investasi reksa dana. 

Apa sih investasi reksa dana itu? Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana masayarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi. Nantinya, modal investor bakal diinvestasikan ke dalam beberapa produk investasi seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang. 
Ada berbagai macam jenis investasi reksa dana yang bisa dipilih, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, reksa dana saham, dan beberapa lainnya. 

Baca Juga
Penarikan Investasi dan Deviden
Penarikan Nilai Tunai / Dana Investasi
Pengajuan Transaksi Polis Unit Link
Investasi Jadi Tren, Kenali Investasi Bodong Agar Tak Rugi
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana

Dari berbagai jenis reksa dana tersebut, reksa dana pasar uang memiliki tingkat risiko paling rendah. Meski begitu, keuntungan yang didapat juga paling rendah dibandingkan reksa dana lainnya. Modal investor diinvestasikan secara 100% ke deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau obligasi dengan batas waktu tidak lebih dari satu tahun. 

Berikut ini beberapa keunggulan investasi reksa dana pasar uang:

Keuntungan yang stabil 
Reksa dana pasar uang cenderung stabil dan jarang terganggu kondisi ekonomi global. 

Suku bunga yang tinggi
Dibandingkan dengan deposito, reksa dana pasar uang memiliki keuntungan yang lebih tinggi. Ini terjadi karena keuntungan yang didapatkan berasal dari kenaikan nilai-nilai aset di dalamnya. Semakin tinggi nilai aset, semakin tinggi keuntungan yang didapatkan. Sedangkan, suku bunga deposito sudah ditetapkan dari awal sehingga tidak aka nada peningkatan keuntungan. 

Dana yang mudah dicairkan
Deposito merupakan tabungan berjangka dengan peraturan tertulis tentang jangka waktu menjadi nasabah, yaitu 1-12 bulan. Selama masa kontrak tersebut, Anda sebagai nasabah tidak diperkenankan untuk menarik uang yang disetorkan. Bila dalam satu kondisi Anda benar-benar harus mengambil simpanan deposito, akan dikenakan denda yang jumlahnya berbeda-beda di setiap bank. 

Reksa dana pasar uang tidak menerapkan aturan tersebut. Investor dapat kapan saja menjual reksa dananya. Tidak ada batasan waktu investasi seperti yang diterapkan di produk deposito. Bahkan, Anda dapat mencairkan dana Anda setelah satu hari, satu minggu, atau satu bulan berinvestasi. Dengan fleksibilitas ini, Anda tidak perlu bingung bila tiba-tiba harus mencairkan reksa dana untuk keperluan mendesak.  

Mulai dari Rp100 ribu
Investasi reksa dana tidak memerlukan modal besar sehingga bisa dilakukan oleh orang-orang dengan dana terbatas. Hanya dengan Rp100 ribu, Anda sudah bisa berinvestasi di beberapa produk reksa dana. 

Bebas biaya pembelian dan penjualan
Penjualan dan pembelian produk reksa dana dikenakan biaya yang minim dan bahkan ada yang gratis sehingga Anda bebas untuk menjual dan membeli investasi ini. 

Sudah jelas mengenai investasi reksa dana pasar uang? Ayo, tunggu apalagi, segera investasikan dana Anda melalui reksa dana di Sequis Asset Management. Ini adalah perusahaan manajer investasi yang didirikan pada 2015 yang dimiliki oleh PT Asuransi Jiwa Sequis Life yang memiliki kemitraan strategis dengan Nippon Life. Dengan dukungan dari dua perusahaan yang kuat dan berpengalaman, Sequis Asset Management berkomitmen menyediakan produk-produk investasi dan layanan terbaik untuk nasabah di Indonesia.

Butuh bantuan ?