Mengelola Uang Bila Mendadak Tajir seperti Miliuner Tuban

23 Pebruari 2021



Beberapa hari terakhir masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kabar dari warga Tuban yang mendadak menjadi miliuner. Itu terjadi setelah terjadi aksi pembebesan lahan yang dilakukan PT Pertamina untuk keperluan proyek pembangunan kilang baru atau Grass Root Refinery Tuban (GRR Tuban). Kabarnya, rata-rata warga di Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban mendapat Rp8 miliar dari pembebasan lahan itu. Bahkan, kabarnya ada yang mendapat Rp24 miliar.

Nah, berita soal "rejeki nomplok" ala miliuner Tuban semakin viral karena mereka langsung menggunakan uang hasil jual tanah itu untuk membeli mobil mewah. Bahkan, di antara mereka ada yang memiliki 2 sampai 3 mobil baru. Secara total, ada 176 mobil yang dibeli miliuner Tuban setelah negosiasi dengan Pertamina rampung. 

Ada yang pro, ada pula yang kontra. Menurut sejumlah perencana keuangan, putusan warga membeli mobil mewah sangat disayangkan. Justru, akan lebih baik bila warga Tuban melek perencanaan keuangan sehingga uang miliaran Rupiah yang sudah didapat bisa dialokasikan ke investasi, bukan malah dibelanjakan ke barang mewah yang nantinya bisa menimbulkan pembengkakan pengeluaran di masa depan.
Toh, mengelola uang dengan baik bisa memberikan banyak manfaat. Salah satunya membuat Anda merdeka finansial di masa depan.

Lalu, bagaimana cara mengelola uang yang biasanya dianjurkan oleh para pakar perencanaan keuangan? 

1.    Mengatur cash flow
Ingin merdeka finansial di masa depan, menghindari over budget setiap bulan, atau ingin melunasi cicilan-cicilan? Bisa dengan mengatur cash flow, menabung, dan berinvestasi. Itu lazim dilakukan  oleh orang-orang yang sudah melek investasi pada dewasa ini.

2.    Evaluasi
Mengevaluasi kondisi keuangan pribadi adalah langkah lainnya dalam tahapan mengatur rencana keuangan. Catat pengeluaran setiap bulan, lalu lakukan evaluasi. Sebab, bisa jadi barang-barang yang Anda beli tidak bersifat mendesak sehingga tidak perlu menghabiskan uang untuk membelinya kembali pada bulan berikutnya. 

3.    Cari informasi dari para ahli 
Belajar dari para pakar adalah langkah bijak untuk mengatur rencana keuangan. Caranya bisa dengan mengikuti seminar, atau membaca literasi perencanaan keuangan dari artikel dan jurnal. Cari tahu bagaimana cara membagi penghasilan yang ideal. Lalu, coba terapkan di rencana keuangan Anda. 

4.    Gunakan alat bantu 
Coba buka ponsel pintar Anda dan cari aplikasi dengan kata kunci “money manager”. Akan muncul beragam jenis aplikasi yang bisa Anda pilih untuk membantu mengatur penggunaan uang dalam jangka waktu pendek, menengah, hingga panjang. 

Tentunya, semua itu harus dilakukan secara konsisten. Jangan sampai semua ilmu yang telah didapat berlalu begitu saja tanpa dipraktikkan. Semoga berhasil!

Butuh bantuan ?