Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Penjelasan Tentang Asuransi Unit Link, yang Minat Wajib Baca

3 Pebruari 2023



Asuransi adalah produk keuangan yang memberikan proteksi terhadap nasabah dari berbagai risiko kerugian finansial yang disebabkan oleh kematian, cacat total dan tetap, serta sakit. Khusus untuk kali ini, kami secara khusus membahas salah satu produk asuransi, yakni asuransi jiwa unit link. Bila Anda tertarik memiliki asuransi yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus potensi cuan investasi, sudah sepatutnya baca ulasan ini.

Sekadar informasi, produk asuransi jiwa terbagi menjadi dua, yaitu asuransi tradisional (murni) dan asuransi unit link. Asuransi unit link memberikan manfaat perlindungan asuransi jiwa dan investasi sekaligus. Artinya, Tertanggung mendapatkan perlindungan bila kejadian tak terduga terjadi pada masa depan serta keuntungan dari pertumbuhan nilai investasi.

Situasi tersebut terjadi karena dalam skema produk unit link, sebagian dari premi nasabah ditempatkan ke dalam salah satu produk investasi yang bakal dikelola oleh Manajer Investasi. Dalam praktiknya, hasil investasi nasabah bakal ditentukan oleh berbagai faktor, antara lain suku bunga, regulasi, stabilitas politik & keamanan, dan  faktor sosial budaya.

Baca Juga
Pilih Asuransi Tradisional atau Asuransi Unit Link?
Jenis Asuransi Unit Link, Pahami Agar Tak Salah Pilih
8 Biaya yang Harus Dibayarkan Nasabah Asuransi Unit Link
6 Produk Unggulan Asuransi Unit Link Sequis
5 Saran OJK untuk Masyarakat yang Ingin Beli Unit Link

Jadi, sama seperti investasi pada umumnya, nilai investasi di asuransi unit link juga bisa naik dan turun. Hal inilah yang kadang tidak dimengerti oleh nasabah. Alhasil, keluhan langsung dilontarkan oleh nasabah ketika mengetahui imbal hasil investasi asuransi unit link tidak 'perform'.

Adanya investasi dalam asuransi unit link akan berguna ketika nasabah memutuskan cuti premi. Pada saat itu, nilai tunai yang terbentuk dari hasil investasi akan dialokasikan membayar biaya-biaya yang timbul atas kepemilikan polis asuransi (selama nilai tunai mencukupi). Nilai tunai ini sebenarnya bisa Anda tarik saat butuh sesuai ketentuan pada polis atau tetap menyimpannya untuk digunakan sebagai pengganti biaya asuransi pada masa depan.

Meski begitu, nasabah dianjurkan fokus kepada manfaat asuransi yang diterima dari asuransi unit link dan tidak mudah tergoda iming-iming imbal hasil besar dan tetap. Jadi, jangan pusing memikirkan nilai investasi ketika ingin mengambil asuransi unit link. Justru, calon nasabah sebaiknya mencermati mengenai coverage asuransi, biaya kamar maksimum, plafon tahunan asuransi, kemudahan melakukan klaim, rumah sakit rekanan, hingga memastikan agen selalu aktif dan mudah dihubungi.

Butuh bantuan ?