Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Strategi Menyiapkan Tabungan Pensiun, Anak Muda Perlu Paham

11 Januari 2023



Menjalani masa tua yang nyaman, bahagia, dan tercukupi secara finansial adalah impian semua orang. Namun, Anda butuh perencanaan keuangan yang matang saat masih muda agar skenario tersebut menjadi kenyataan.

Investasi jangka panjang menjadi salah satu opsi yang bisa dilakukan supaya masa pensiun nyaman tidak hanya sekadar wacana. Meski demikian, Anda perlu mempertimbangkan jenis produk penanaman modal yang tepat agar tujuan finansial tercapai. Nantinya, return atau hasil investasi dapat menjadi sumber pendapatan yang dapat digunakan ketika Anda memasuki masa tua dan sedang menjalani masa pensiun.

Jenis investasi jangka panjang yang dapat dipilih adalah reksa dana saham dan reksa dana pasar uang. Kedua investasi itu berpotensi memberikan imbal hasil 1-10 persen per tahun bila kondisi pasar saham sedang positif.

Baca Juga
Tips Pensiun dengan Nyaman Tanpa Merepotkan Anak
Kenapa Asuransi Dana Pensiun Penting? Ketahui Manfaatnya
Rekomendasi Jenis Investasi untuk Persiapan Dana Pensiun

Investasi emas dan properti menjadi opsi lain yang bisa Anda pertimbangkan untuk investasi jangka panjang. Persis seperti reksa dana, keduanya juga punya potensi memberikan keuntungan pada masa depan yang bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hari tua.

Hal yang harus diperhatikan
Ada 2 hal utama yang harus Anda perhatikan saat memutuskan untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Ketiga hal itu adalah riset investasi yang akan dipilih dengan menyesuaikan modal yang dimiliki dan memahami strategi investasi. Untuk lebih jelas, mari kita paparkan satu-persatu.   

Riset
Investasi bukan seperti bermain video game yang bisa Anda 'reset' dan mulai dari awal. Investasi punya potensi rugi bila Anda menjalaninya secara asal. Kerugian itu bisa berakibat fatal untuk kondisi keuangan Anda pada masa depan. Oleh karena itu, silakan bertanya kepada pakar keuangan tentang investasi yang bakal Anda pilih. Cari tahu pula produk investasi yang sesuai dengan bujet Anda.

Langkah selanjutnya adalah memastikan kemampuan finansial Anda cukup untuk berinvestasi.  Ingat, jangan memaksakan diri untuk berinvestasi terlebih sampai utang ke sarana peminjaman hanya untuk bisa berinvestasi reksa dana atau ke pasar modal. Bila Anda memiliki utang, misalnya utang kartu kredit hingga melewati batas waktu, sebaiknya lunasi dulu agar Anda merasa tenang ketika berinvestasi.

Strategi
Tempatkan uang Anda di beberapa instrumen investasi. Misal, menempatkannya di reksa dana pasar uang, pasar saham, dan pasar modal. Khusus di pasar modal, Anda bisa diversifikasi ke beberapa emiten. Jadi, Anda bisa tetap ‘cuan’ bila kinerja salah satu sektor ada yang sedang menurun. Itulah mengapa dalam dunia investasi dikenal dengan istilah don’t put your eggs in one basket.

Memahami strategi investasi juga patut dimiliki ketika Anda memutuskan untuk investasi jangka panjang di pasar modal. Setidaknya, Anda perlu tahu waktu yang tepat untuk menjual emiten yang sedang cuan, membeli saham yang punya potensi menguntungkan, serta jeli membuang investasi yang punya kinerja buruk agar tidak timbul kerugian lebih besar pada masa depan.

Sebagai tambahan informasi, Sequis memiliki produk reksa dana buat Anda yang ingin berinvestasi serta menyiapkan dana pensiun. Silakan cek produk-produk reksa dana yang ditawarkan Sequis di www.sequis.co.id atau berkunjung ke www.sequisam.co.id.

Butuh bantuan ?