Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Rekomendasi Jenis Investasi untuk Persiapan Dana Pensiun

26 Januari 2022



Biasanya, anak muda yang sedang giat bekerja atau memasuki usia produktif 'alergi' memikirkan dana pensiun. Alasannya beragam. Ada yang belum menyiapkan dana pensiun karena fokus meniti karier. Ada pula yang merasa dana pensiun lebih tepat dipikirkan ketika sudah memasuki usia 40-an.

Padahal, dana pensiun justru sebaiknya dipikirkan dan disiapkan sejak muda. Dengan mengumpulkannya sejak lama, seseorang berkesempatan memiliki dana pensiun yang memadai bila suatu saat sudah memasuki usia senja dan tidak lagi bekerja.

Ada banyak instrumen keuangan yang bisa digunakan untuk menyiapkan dana pensiun. Salah satunya investasi.

Prinsip Dasar Investasi
Pada dasarnya, investasi adalah sebuah kegiatan menanamkan modal dengan tujuan menghasilkan keuntungan pada masa depan. Modal bisa dikonversikan ke dalam jenis investasi sesuai keinginan seperti emas, reksa dana, properti, dan lain sebagainya. 

Baca Juga
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana
Potensi Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana
Langkah Mudah dalam Melakukan Investasi Reksa Dana
Menjelang 2022, Yuk Belajar Investasi Reksa Dana
Kenali Risiko Berinvestasi di Reksa Dana
 

1.    Emas
Nilai investasi emas cenderung stabil dan tidak terpengaruh inflasi. Kini, investasi sangat mudah. Sudah ada platform yang menyediakan layanan investasi emas online dengan cara menabung emas. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar dan bingung menyimpan emas. 

2.    Reksa dana 
Ada beberapa jenis reksa dana yang bisa Anda pilih, yaitu reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran. 

3.    Saham
Saham juga bisa dijadikan pilihan. Instrumen investasi ini cocok untuk tujuan jangka panjang. Jenis investasi ini memberikan keuntungan yang relatif lebih besar dibanding instrumen investasi lainnya. Namun, keuntungan yang besar juga berbanding dengan risiko yang relatif tinggi. 

4.    Deposito
Deposito menawarkan keuntungan yang cukup stabil dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Berbanding sama dengan imbal hasilnya, yang juga tidak akan sebesar instrumen lainnya. Bila Anda adalah tipe investor yang ingin menyiapkan dana pensiun dengan cara relatif aman, deposito adalah pilihannya.

5.    Properti
Bila Anda memiliki dana besar untuk berinvestasi, mungkin jenis investasi properti adalah cara yang sesuai. Properti yang Anda beli bisa Anda sewakan atau menunggu waktu yang tepat ketika harga naik sehingga Anda bisa menjualnya dengan keuntungan. 

6.    Asuransi Dana Pensiun 
Satu jenis investasi masa depan yang biasanya orang sudah tahu tapi belum sepenuhnya menyadari adalah melalui asuransi. Siapkan dana pensiun melalui produk asuransi Sequis yaitu Asuransi Retirement Life Plan yang menawarkan beberapa manfaat seperti uang pertanggungan (UP) bila ternyata tertanggung tutup usia. Tapi bila tertanggung bertahan hidup hingga akhir tahun polis, manfaat pensiun akan dibayarkan sebesar 100% dari UP.

Nah, bila Anda tertarik untuk membeli asuransi dana pensiun Sequis, jangan ragu segera cari tahu informasi lengkap produknya melalui www.sequis.co.id. Bila Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?