Tips Mudah Melunturkan Lemak Tubuh Selama Masa PPKM

29 September 2021



Pandemi covid-19 memiliki dampak yang beragam untuk tubuh. Bagi yang terserang virus covid-19, seseorang akan mengalami sejumlah gejala seperti sesak napas, pusing, mual, anosmia, serta peningkatan suhu tubuh. 

Pandemi covid-19 juga berdampak buruk bagi masyarakat yang tidak terinfeksi virus tersebut. Pandemi yang sudah berlangsung hampir dua tahun membuat masyarakat mulai mengalami kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya. Ini terjadi karena Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) selama pandemi membuat aktivitas gerak masyarakat menjadi terbatas.

Menurut data dari NHS dan dilansir oleh CNN, kenaikan berat badan paling signifikan terjadi di orang-orang berusia di bawah 40 tahun. Rata-rata orang di kelompok ini mengalami kenaikan berat badan hingga 3,6 kg selama masa pandemi covid-19.
Perubahan gaya hidup harus segera dilakukan. Bila tidak, masyarakat rentan mengalami beragam penyakit berat seperti diabetes dan obesitas di tengah pandemi covid-19.

Baca Juga
Pandemi Covid-19 Bisa Berubah Menjadi Endemi, Apa Bedanya?
Seperti Apa Kehidupan Setelah Pandemi Berakhir?
Miliki Asuransi Kesehatan di Tengah Pandemi
Penyebab Stres Selama Pandemi Covid-19 dan Cara Mengatasinya
Libur Saat Pandemi: Perhatikan Kesehatan & Finansial

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan serta melunturkan lemak usai makan makanan berat seperti dikutip dari sejumlah sumber.

1. Konsumsi air putih hangat
Mengonsumsi minum air putih hangat dengan jumlah yang banyak akan mempercepat proses metabolisme seseorang hingga sekitar 40%. Peningkatan kinerja metabolisme akan membantu pembakaran kalori. Air putih hangat juga bisa membantu meningkatkan pergerakan usus, memecah makanan lebih cepat, serta mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

2. Konsumsi air lemon
Selain air putih hangat, air lemon hangat juga membantu mempercepat metabolisme tubuh. Ini disebabkan senyawa antioksidan di lemon bisa menyeimbangkan efek negatif dari kadar glukosa darah. Selain itu, mengonsumsi air lemon setelah makan bisa menghidrasi tubuh serta melunturkan lemak-lemak sisa makanan.

3. Konsumsi serat
Cara lain agar berat badan tidak semakin meningkat dan melunturkan lemak adalah dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur. Menurut hasil penelitian, konsumsi 10 gram serat dapat mengurangi 3,7 persen jumlah lemak khususnya di bagian perut.

4. Aktif bergerak / berolahraga
Sempatkan waktu untuk berolahraga atau aktivitas luar ruang di tengah kepadatan work from home (wfh). Menggerakkan tubuh Anda 2-3 jam setelah makan bisa membakar lemak di seluruh tubuh. Anda bisa melakukan aerobik, berjalan, jogging, atau berenang. Bila tidak sempat untuk berolahraga, minimal Anda melakukan gerakan ringan seperti berjalan santai, membersihkan pekarangan rumah, naik-turun tangga, dan aktivitas ringan lainnya.

Butuh bantuan ?