Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Berolahraga Selama Menjalankan Ibadah Puasa

28 April 2021


Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan berolahraga


Berolahraga sudah sepatutnya dilakukan secara rutin. Tidak terkecuali ketika momen Ramadan. Demi menjaga tubuh tetap bugar dan menambah imunitas tubuh selama masa pandemi covid-19, seseorang perlu melakukan olahraga 30-90 menit setiap hari.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan berolahraga. Bila dilakukan dengan cara dan waktu yang tepat, olahraga bisa mengurangi tingkat stres dengan mengeluarkan hormon endorfin. Selain itu, tubuh jadi lebih fit, meningkatkan imun, serta membuat tidur seseorang menjadi lebih nyenyak.

Baca Juga
4 Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa di Tengah Pandemi
Kerja & Berkendara saat Puasa; Lindungi Diri dengan Asuransi
4 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Sahur

Ada tiga waktu yang dianjurkan untuk berolahraga bagi seseorang yang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Berikut ini waktu-waktu yang bisa Anda gunakan.

1. 1-2 Jam Setelah Sahur
Bekali tubuh dengan cairan yang cukup sebelum melakukan olahraga setelah sahur. Dengan begitu, tubuh tidak dehidrasi yang bisa mengganggu ibadah puasa hingga waktu Magrib. Jangan lupa pula untuk mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur atau makanan tinggi karbohidrat seperti roti dan nasi pada saat sahur. Olahraga pada waktu ini seharusnya tidak menjadi masalah bagi orang yang terbiasa berolahraga pagi. Lakukan olahraga ringan selama 30 menit sebelum Anda melanjutkan aktivitas lain pada pagi hari. 

2. Sebelum Berbuka Puasa
Lakukan 30 menit olahraga sebelum bedug Maghrib tiba. Jenis olahraga yang dilakukan tidak boleh terlalu berat karena perut dalam kondisi kosong dan tubuh sudah kehilangan banyak air. Lakukan olahraga dengan intensitas rendah seperti jogging, jalan cepat, bersepeda, yoga, atau sekadar peregangan.

3. 2 Jam Setelah Berbuka Puasa
Olahraga bisa dilakukan dengan jeda dua jam setelah menyantap hidangan buka puasa. Pastikan pula Anda tidak mengonsumsi makanan berlebihan saat berbuka puasa. Lakukan olahraga pada momen ini selama 30 menit.

Butuh bantuan ?