Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

4 Cara Mudah Mengelola Keuangan yang Bisa Ditiru

5 Januari 2023



Mengelola keuangan sebetulnya mudah. Namun menjadi sulit karena sebagian orang kerap tidak mengetahui caranya. Bisa pula menjadi sulit karena seseorang kurang mengetahui pos pengeluaran untuk kebutuhan dan keinginan.
Bagi yang sedang belajar mengelola keuangan, yuk intip beberapa cara simpel berikut ini:

1. Menggunakan amplop  
Silakan siapkan beberapa amplop lalu memilahnya dengan kategori kebutuhan dan keinginan yang akan dilakukan sebagai pengeluaran bulan ini. Lalu, tentukan jumlah uang yang akan dimasukkan ke setiap amplop. Misal, uang untuk kebutuhan Rp5 juta (bayar cicilan, transportasi, dan kebutuhan primer lainnya) dan uang untuk keinginan Rp2 juta (jajan kopi/hangout). Gunakan uang di dalam amplop tersebut sesuai peruntukkannya. Jangan lupa catat pengeluaran yang dilakukan dan usahakan tidak menggunakan uang dari amplop kebutuhan untuk pos keinginan.

2. Metode 50/30/20
Metode 50/30/20 adalah cara mengelola keuangan yang kerap disarankan oleh para perencana keuangan. Metode ini dijalankan dengan mengalokasikan 50 persen dari pendapatan untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk keinginan pribadi dan 20 persen dari pendapatan akan masuk ke tabungan.

Baca Juga
Tips Mengatur Keuangan Setelah Menikah
Mengatur Keuangan Dalam Berumah Tangga
Cara Mengatur Keuangan ala First Jobber
Asuransi Bisa Membantu Anda Mengatur Keuangan
Mengatur Keuangan Keluarga di Tengah Pandemi
Mahasiswa Perlu Mengatur Keuangan, Ini Caranya!

3. Metode piramida
Cara ini ampuh untuk melunasi utang Anda secara satu per satu. Sebagai awalan, ketahui total utang yang wajib untuk dibayar. Lalu, buat kategori utang dari jumlah utang yang paling sedikit hingga terbanyak. Setelah itu, silakan mulai membayar dari utang terkecil dan dilanjutkan hingga membayar jumlah utang yang besar.

4. Manfaat aplikasi
Kemajuan teknologi turut mempermudah Anda dalam mengelola keuangan. Silakan gunakan beragam aplikasi financial planning yang tersedia di App Store/Google Play Store. Umumnya aplikasi budgeting tersebut menyediakan opsi untuk membuat kategori pengeluaran agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Yuk mulai belajar mengelola keuangan. Gunakan cara-cara mudah itu sehingga Anda bisa berhemat dan mempersiapkan tabungan pada masa depan atau jika ada kejadian tak terduga.

Butuh bantuan ?