Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

4 Pelajaran Penting Kelola Keuangan dari Serial Squid Game

27 Oktober 2021


Squid Game (Twitter - NetflixID)


Serial asal Korea Selatan, Squid Game menjadi buah bibir dalam beberapa pekan terakhir. Kabarnya, Squid Game yang bergenre survival thriller ini menjadi serial nomor satu di 90 negara sepanjang September-Oktober 2021.

Terlepas dari keseruan dan sisi sadis yang ditampilkan di dalam serial, Squid Game memberikan banyak pelajaran tentang pengelolaan uang untuk kehidupan sehari-hari.

1. Memiliki Asuransi
Gi Hun yang diperankan Lee Jung Jae merasa sangat terpukul ketika mendengar sang ibunda menderita diabetes dan harus dioperasi. Lantaran tidak memiliki uang untuk bayar rumah sakit, ibu Gi Hun memaksa pulang dan tidak menuruti saran dokter untuk melakukan operasi.

Gi Hun ingin sang ibu dioperasi. Dia juga tahu asuransi dapat menanggung biaya pengobatan di rumah sakit. Namun, dia juga menyadari sedang dilanda krisis ekonomi sehingga tidak mampu membayar premi secara rutin.

Dari scene di episode kedua tersebut kita bisa belajar bahwa memiliki asuransi kesehatan adalah sebuah keharusan bila ingin hidup tenang tanpa terbebani biaya rumah sakit. Namun untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari asuransi kesehatan, nasabah juga perlu memenuhi kewajiban membayar premi secara rutin.

Baca Juga
Mengenal Problem Sandwich Generation & Cara Menghindarinya
Tips Simpel Melindungi Polis Asuransi Agar Tetap Aktif
Kaum Rebahan Ingin Punya Asuransi? Coba Find Agent Sequis
2 Hal yang Bikin Orang Tua Wajib Beli Asuransi Pendidikan
Beli Asuransi Kesehatan sebelum Covid-19 Varian Mu Menyebar

2. Investasi Secara Bijak dan Jauhkan Diri dari Utang Konsumtif
Gunakan uang sebaik mungkin. Tunda keinginan membeli barang mewah bila keuangan sedang tidak stabil. Meminjam atau berutang juga sangat tidak dianjurkan bila untuk memenuhi kebutuhan konsumtif/lifestyle seperti membeli tas dan handphone baru. 

Ketika ada uang lebih, tempatkan di instrumen investasi yang tepat, misal emas, saham, reksa dana, dan sebagainya. Jangan tergiur atau mudah tertipu dengan ajakan orang lain yang menjanjikan investasi dengan keuntungan yang sangat besar.

3. Menabung dan Memiliki Dana Darurat
Gi Hun dikisahkan sebagai pria yang 'sembrono' dalam mengelola uang. Saat memiliki uang, Gi Hun memilih untuk berjudi pacuan kuda dengan impian bisa menggandakan uang secara cepat.
Namun, kisah malang yang terus dia dapat. Ketidakmampuan menentukan skala prioritas ketika memiliki uang membuat Gi Hun terus terjerembab di lembah utang. Bahkan, dia tidak memiliki tabungan atau dana darurat ketika ibunya sakit dan harus dioperasi serta kesulitan membeli hadiah untuk anaknya yang sedang berulang tahun.

4. Merdeka Finansial Butuh Proses
Tidak ada yang instan di dalam hidup ini. Semuanya butuh proses. Termasuk mencapai kemandirian finansial. Bila ingin menggapai itu, seseorang harus bekerja keras, sedikit demi sedikit membebaskan diri dari utang konsumtif, menabung, berinvestasi untuk masa depan, serta memiliki asuransi agar aset yang dimiliki tidak hangus akibat urusan kesehatan.

Siapa sangka, banyak pelajaran hidup terutama cara mengelola keuangan muncul dari sebuah serial bergenre thriller. Yuk buat Anda yang sudah menonton Squid Game, ada baiknya mulai menyadari dan memperbaiki manajemen keuangan yang selama ini belum sempurna.

Butuh bantuan ?