Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara Aman Agar Tak Boros Saat Diskon Akhir Tahun

2 Desember 2021



Akhir tahun identik dengan libur Natal, Tahun Baru, dan deretan diskon yang ditawarkan pusat perbelanjaan serta online shopping. Besar diskon akhir tahun yang ditawarkan sangat besar, bisa mencapai 70%. 

Pada momen itulah perencanaan keuangan Anda terancam goyah. Sebab, barang yang ditawarkan berharga murah sehingga Anda tergiur belanja dalam jumlah yang banyak.

Mau terlepas dari belenggu diskon dan tak boros pada akhir tahun. Yuk coba praktikkan beberapa tips berikut ini: 

1.    Siapkan Dana Darurat
Segera pindahkan uang Anda ke rekening dana darurat usai menerima gaji. Dengan begitu, Anda hanya akan berbelanja dengan menggunakan uang tersisa di rekening. Dana darurat bakal Anda butuhkan bila mengalami musibah atau kebutuhan mendesak di tengah-tengah euforia libur akhir tahun dan ‘serangan’ diskon. Kebutuhan mendesak yang biasanya muncul adalah perbaikan rumah bocor, servis mobil, harus segera ke luar kota akibat orang tua sakit, dan masih banyak lagi. 

2.    Batasi Penggunaan Kartu Kredit
Jangan biasakan menggunakan kartu kredit untuk setiap transaksi.terutama untuk belanja yang bersifat konsumtif. 

Baca Juga
Tips Mengatur Keuangan Setelah Menikah
Mengatur Keuangan Dalam Berumah Tangga
Cara Mengatur Keuangan ala First Jobber
Asuransi Bisa Membantu Anda Mengatur Keuangan
Mengatur Keuangan Keluarga di Tengah Pandemi
Mahasiswa Perlu Mengatur Keuangan, Ini Caranya!

3.    Bedakan Kebutuhan dan Keinginan
Hal seperti ini sering menjadi permasalahan dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. Ayo fokus untuk membeli barang-barang sesuai kebutuhan. Meminimalkan belanja secara kalap bisa dilakukan dengan cara membuat daftar barang belanjaan. Lalu lakukan evaluasi. Coret barang-barang yang tidak perlu dibeli.


Dengan pengelolan keuangan yang tepat, Anda berpotensi memiliki uang lebih untuk ditabung atau menempatkan pendapatan ke instrumen finansial lainnya. Misal, investasi dan asuransi.Sequis menyediakan beragam produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistant untuk menemukan pilihan proteksi dan investasi yang kamu butuhkan. Sequis Care (62-21) 2994 2929 atau care@sequislife.com siap membantu Anda. 

Butuh bantuan ?