Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara Ampuh Menyehatkan Keuangan Selama Resesi

5 Desember 2022



Tahun 2023 disinyalir menjadi momen krusial untuk sektor keuangan dunia. Pasalnya, 2023 diprediksi bakal terjadi resesi ekonomi yang disebabkan oleh kenaikan inflasi sehingga menimbulkan peningkatan harga barang pokok, krisis pangan, hingga muncul Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara besar-besaran.

Beragam kemungkinan itu bisa membuat finansial masyarakat goyah. Bila tidak disikapi dengan baik, masyarakat bisa kesulitan keuangan selama resesi terjadi. Nah, untuk meminimalkan efek negatif dari krisis global yang disebabkan oleh resesi, sebaiknya menjalankan beberapa tips berikut ini:

Tahan Keinginan untuk Belanja
“Cash is King” selama resesi berlangsung. Jadi, usahakan tahan keinginan untuk belanja kebutuhan yang bersifat kurang mendesak seperti beli tas, handphone, motor atau mobil baru. Dengan begitu, Anda memiliki uang tunai yang cukup bila sewaktu-waktu terkena efek dari resesi.  

Jangan ganggu dana darurat
Sesuai namanya, dana darurat harus digunakan untuk momen darurat. Bila tabungan sudah menipis, usahakan untuk tidak menggunakan dana darurat untuk membeli kebutuhan tersier seperti membeli tiket travelling/konser. Ingat, hal-hal tidak terduga bisa terjadi selama resesi. Bila musibah datang (sakit, PHK, atau kebutuhan darurat terkait rumah tangga), Anda punya pegangan berupa dana darurat untuk pertolongan pertama.

Baca Juga
Ada Ancaman Resesi, Cari Cara Agar Tetap Sehat dan Bahagia
Apa yang Harus Disiapkan Bila Indonesia Kena Resesi 2023?
Ada Resesi, Percaya Diri Ambil KPR Bila Punya Asuransi Jiwa

Sisihkan sebagian uang dari pendapatan untuk asuransi kesehatan
Sakit dan kecelakaan merupakan risiko yang berpotensi dialami oleh semua orang. Minimalkan kerugian yang bakal muncul akibat sakit dengan memiliki asuransi kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, masyarakat bisa mendapatkan perawatan optimal bila mendadak sakit. Dengan memiliki asuransi kesehatan pula, masyarakat tak perlu risau dengan biaya rumah sakit yang harus dibayarkan. Ingat, inflasi yang terus meninggi bisa memengaruhi biaya medis. Jadi, ada kemungkinan masyarakat bakal merogoh kocek lebih besar bila membutuhkan perawatan dan pengobatan di rumah sakit selama resesi berlangsung.

Rekomendasi Asuransi Sequis
Sebagai awalan, kami merekomendasikan produk Sequis Q Infinite MedCare Rider (SQIMC). Produk ini menawarkan solusi kepada Anda untuk meraih perlindungan kesehatan terbaik secara komprehensif dalam mengakses pengobatan di rumah sakit. Produk ini bisa digunakan untuk melindungi kesehatan Anda dan keluarga selama 24 jam sehari dan 365 hari setahun dan dapat diakses di seluruh dunia. Dalam hal kamar perawatan, produk ini dapat menyediakan kamar perawatan untuk satu orang yang bersifat pribadi sehingga akan memberikan kenyamanan kepada Anda saat dirawat rumah sakit.

Berikut ini beberapa keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan dari Sequis Q Infinite MedCare Rider:
1. Perlindungan kesehatan hingga Rp90 miliar per tahun.
2. Fasilitas perawatan VIP dan VVIP/1 tempat tidur di seluruh dunia (tergantung Plan).
3. Memiliki 4 Plan perlindungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
4. Tidak ada batasan seumur hidup keseluruhan.
5. Perlindungan kesehatan menyeluruh sampai dengan usia 100 tahun.
6. Memberikan manfaat rawat inap dengan perawatan minimum 6 jam.
7. Memberikan manfaat terapi okupasi, wicara, dan pengobatan tradisional Tiongkok.
8. Fasilitas non tunai (cashless) di lebih dari 500 rumah sakit  rekanan di seluruh dunia.
9. Bantuan jasa atas perjalanan dan pengobatan darurat.

Produk kedua yang kami rekomendasikan adalah Sequis System and Organ Function Insurance (SOFI). Produk tersebut memberikan perlindungan komprehensif atas risiko penyakit kritis termasuk untuk penyakit-penyakit baru yang belum pernah ada sebelumnya. Selain itu, SOFI juga memberikan tambahan dana untuk memaksimalkan manfaat asuransi kesehatan Anda.

Berikut ini beberapa keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan dari SOFI:
1.    Premi tetap selama masa perlindungan asuransi plus pengembalian premi hingga 150% bila tidak ada klaim selama masa perlindungan asuransi
2.    Memberikan perlindungan atas beragam penyakit kritis & kegagalan fungsi organ. Termasuk untuk penyakit-penyakit baru yang belum pernah ada sebelumnya
3.    Manfaat meninggal dunia berupa pengembalian premi hingga 150%
4.    Hanya membayar premi 10 tahun terlindungi selama 25 tahun
5.    Extra benefit asuransi gratis untuk anak berusia di bawah 18 tahun

Butuh bantuan ?