Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Gangguan Makan yang Bisa Mengganggu Kesehatan Mental

27 Pebruari 2023



Gangguan makan merupakan kondisi gangguan mental yang berkaitan dengan pola makan seseorang. Gangguan ini akhirnya memberikan efek negatif buat kesehatan tubuh dan jiwa penderita.

Gangguan makan biasanya disebabkan oleh obsesi memiliki bentuk tubuh atau berat badan yang ideal. Obsesi ini biasanya berawal dari diet dan berujung ke pola makan yang berbahaya. Menjadi masalah besar karena pola makan seperti itu membuat tubuh kekurangan nutrisi. Alhasil, gangguan makan berpotensi menyebabkan risiko kesehatan terhadap penderita, seperti penyakit jantung, pertumbuhan tulang, perawatan gigi dan mulut, sistem pencernaan, hingga penyakit lainnya.

Baca Juga
Momen World Mental Health, Yuk Kenali Jenis Gangguan Mental
Generasi Milenial Mudah Alami Gangguan Mental
Belajar dari Gangguan Kesehatan Mental Aaron Carter
Gangguan Kesehatan Mental: Kenali, Observasi, Proteksi
Tingkatkan Kesehatan Mental dengan Rencana Keuangan Tepat

Celakanya, gangguan makan bisa menimpa siapa saja. Umumnya menimpa para remaja dan gangguan ini bisa berlangsung hingga mereka dewasa. Sebuah gangguan yang tidak boleh diremehkan. Justru, penderita harus dibawa menjalani terapi atau penanganan dari psikologi atau psikiater agar bisa mengubah gangguan ini menjadi pola makan yang sehat.

Penyebab Gangguan Makan
1. Genetik

Remaja yang sedang mengalami pubertas sangat rentan mengidap gangguan makan. Karena pada momen ini, remaja memiliki kecenderungan mengalami perubahan hormon tertentu.

2. Lingkungan
Tekanan untuk menjadi kurus membuat remaja berpotensi mengalami gangguan makan. Tekanan itu makin meninggi seiring adanya stigma di media sosial bahwa 'kurus adalah bentuk tubuh ideal".

3. Sisi Psikologis
Seseorang yang berusaha sangat keras untuk tampil sempurna atau perfeksionis rentan mengidap gangguan makan. Gangguan makan juga mengancam seseorang yang mudah stres.

Gejala Gangguan Makan
Gejala Fisik

1. Perubahan berat badan secara drastis.
2. Menstruasi tidak teratur
3. Gangguan pencernaan
4. Sulit fokus
5. Mudah pusing
6. Sering pingsan
7. Masalah tidur

Gejala Emosional
1. Kebiasaan diet
2. Mudah stres
3. Mengkhawatirkan berat badan secara berlebihan
4. Mudah tidak nyaman saat di tempat umum
5. Sering menghindar saat diajak makan bersama / terus menolak mengkonsumsi makanan dalam porsi besar
6. Menjauh dari aktivitas sosial

Peduli Kesehatan Mental dan Asuransi
Sampai dengan saat ini, belum semua perusahaan asuransi memperhatikan soal kesehatan mental. Padahal kesehatan mental juga dapat memengaruhi kesehatan fisik. Berkaca dari hal itu, MiPower by Sequis meluncurkan produk MiProtection . Singkatnya, dengan produk itu sejumlah biaya untuk kesehatan mental dapat dialihkan ke perusahaan asuransi sebagai penanggung jika seseorang perlu berkonsultasi dengan psikolog sehingga keuangan milenial pun dapat tetap terjaga.  

Mengikuti gaya hidup kekinian boleh saja, tetapi para remaja dan dewasa muda perlu menjaga kesehatan mental dan cerdas finansial. Lindungi diri sejak muda dengan asuransi MiProtection agar memiliki kesempatan meraih hari esok yang lebih baik.

Butuh bantuan ?