Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Belajar dari Gangguan Kesehatan Mental Aaron Carter

4 Januari 2023



Dunia dikejutkan dengan kematian Aaron Carter pada awal November 2022. Adik dari penyanyi Backstreet Boys, Nick Carter itu dikabarkan ditemukan tewas di bak mandi di rumahnya yang berada di Lancaster, California.
Dugaan awal, Aaron meninggal akibat ketergantungan obat-obatan serta adanya gangguan kesehatan mental seperti gangguan kepribadian, skizofrenia, kecemasan akut, depresi, serta gangguan bipolar.

Menurut Mayo Clinic, skizofrenia adalah gangguan mental serius yang membuat penderita menafsirkan realita secara tidak normal. Skizofrenia dapat mengakibatkan beberapa kombinasi halusinasi, delusi, serta pemikiran dan perilaku yang sangat tidak teratur.

Umumnya, penderita skizofrenia membutuhkan perawatan seumur hidup. Perawatan dini dapat membantu mengendalikan gejala sebelum komplikasi serius berkembang dan dapat membantu meningkatkan pandangan jangka panjang.

Skizofrenia melibatkan berbagai masalah dengan pemikiran atau kognisi, perilaku dan emosi. Tanda dan gejala dapat bervariasi, namun biasanya melibatkan delusi, halusinasi atau bicara yang tidak teratur, dan mencerminkan gangguan kemampuan untuk berfungsi.

Baca Juga
Gangguan Kesehatan Mental: Kenali, Observasi, Proteksi
Overthinking Pantang Diabaikan Demi Menjaga Kesehatan Mental
Jangan Abaikan Rasa Bosan, Bisa Berujung Stres
Eating Disorder yang Pantang Untuk Diremehkan
Mulai Banyak Penderita Serangan Panik, Kenali Gejalanya

Persis seperti skizofrenia, depresi juga masuk dalam gangguan medis. Depresi dapat terjadi ketika hormon serotonin tidak seimbang. Ada beberapa faktor yang berperan menyebabkan depresi, di antaranya karena adanya perbedaan komposisi senyawa kimia tertentu di otak. Fungsi neurotransmiter dan bagian otak seperti hipokampus dapat berkontribusi memunculkan depresi.

Selain itu, depresi juga dapat terjadi karena faktor keturunan atau genetika. Faktor lingkungan juga dapat menjadi pencetus depresi, misalnya sering terpapar kekerasan, pelecehan (fisik maupun verbal), merasa diabaikan atau berada dalam kondisi kemiskinan. Faktor kepribadian juga rentan menyebabkan depresi, misalnya rasa rendah diri, khawatir, dan pesimistis.

Kematian Aaron Carter harus menjadi pembelajaran. Ada baiknya segera konsultasi kepada psikolog atau dokter terkait kesehatan mental bila ada keluhan terkait depresi atau tanda-tanda awal skizofrenia sebelum dampak buruk terjadi.

Setiap orang juga disarankan memiliki asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan biaya konseling  atas diagnosis kondisi mental. Asuransi yang menjawab kebutuhan ini adalah asuransi MiProtection dari MiPOWER by Sequis. Produk ini menyediakan manfaat tambahan, yakni MiMental Recharge berupa penggantian biaya konseling  atas diagnosis salah satu kondisi mental dari penyakit Obsessive Compulsive Disorder, Skizofrenia, dan gangguan Bipolar dengan maksimum 5 kali sesi konseling per tahun dan maksimum biaya Rp100 ribu sampai dengan Rp1 juta per konsultasi (sesuai kuota yang dipilih).

Butuh bantuan ?