Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Jenis Asuransi yang Sebaiknya Dimiliki, Apa Saja?

6 September 2021



Asuransi berguna untuk melindungi diri dan keluarga saat terjadi risiko kerugian finansial akibat sakit, kecelakaan, tutup usia, dan musibah lainnya. Dalam prosesnya, perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan dalam bentuk santunan dan  biaya perawatan. Asuransi juga bisa memberikan dana untuk  membiaya pendidikan anak. Anda tertarik memiliki asuransi? Yuk ketahui jenis asuransi yang sebaiknya dimiliki di setiap tahap kehidupan kita. 


Beberapa jenis asuransi yang sebaiknya dimiliki:

1.    Asuransi jiwa
Ada tiga jenis asuransi jiwa, yaitu Term Life, yang memberikan perlindungan dengan jangka waktu tertentu. Memiliki nilai pertanggungan besar tapi uang premi hangus di akhir periode asuransi. Lalu ada asuransi jiwa Whole Life, yakni perlindungan asuransi jiwa seumur hidup dan biasanya memiliki premi lebih mahal karena jangka waktu bayarnya terbatas sehingga tidak perlu bayar seumur hidup untuk perlindungan seumur hidup.

Uang Pertanggungan asuransi jiwa whole life dapat diklaim bila tertanggung tidak tutup usia selama masa asuransi. Namun uang pertanggungan tidak sebesar jenis asuransi jiwa term life. Selain itu, ada pula asuransi jiwa Unit Link. Ini jenis asuransi kombinasi perlindungan jiwa dan investasi. Premi yang dibayarkan oleh nasabah dibagi untuk dua biaya, satu untuk biaya premi perlindungan jiwa, satu lagi untuk biaya pengelolaan sekaligus dana investasi.

Baca Juga
Asuransi Unit Link: Asuransi dengan Fitur Investasi
Memilih Asuransi Jiwa Terbaik
Apa Perbedaan Asuransi Jiwa dengan Asuransi Kesehatan?
 

2.    Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memberikan penggantian biaya perawatan kesehatan ketika tertanggung mengalami sakit dan/atau santunan kepada ahli waris ketika tertanggung meninggal dunia. Umumnya, manfaat asuransi yang ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah cedera, sakit, kecelakaan, dan kematian.

3.    Asuransi penyakit kritis 
Asuransi penyakit kritis umumnya diberikan dalam bentuk pembayaran santunan (lump sum payment) sejumlah dana besar sesuai ketentuan dalam polis. Perhatikan jenis asuransi penyakit kritis yang ingin dibeli karena ada yang memberikan santunan ketika penyakit kritis masih di tahap awal. Ada pula ketika penyakit kritis sudah di tahap lanjut. 

4.    Asuransi Pendidikan
Asuransi ini menjamin dana pendidikan anak pada masa depan. Jenis asuransi ini biasanya disertai dengan investasi dan perlindungan jiwa bagi pencari nafkah. 

5.    Asuransi dana pensiun 
Kebanyakan orang nyaris tidak terpikirkan menyisihkan uang untuk dana pensiun ketika masih muda karena beberapa alasan seperti pendapatan masih kecil, merasa masa pensiun masih lama dan tidak mendesak. Padahal mencicil dana pensiun selagi muda dan di masa puncak produktivitas akan meringankan besarnya jumlah dana yang harus ditabung untuk persiapan dana pensiun di masa depan. Jenis asuransi ini membantu kita untuk mencicil pengumpulan dana pensiun kita. 

Lalu, jenis asuransi apa saja yang sebaiknya kita miliki di setiap tahap kehidupan?

1.    Sebelum Menikah
-    Asuransi kesehatan pribadi 
-    Asuransi penyakit kritis 
-    Asuransi dana pensiun 

2.    Baru menikah 
-    Asuransi jiwa untuk pencari nafkah
-    Asuransi kesehatan diri sendiri dan pasangan 
-    Asuransi penyakit kritis sendiri dan pasangan 
-    Asuransi dana pensiun 

3.    Setelah memiliki anak
-    Asuransi jiwa untuk pencari nafkah
-    Asuransi kesehatan diri sendiri, pasangan, dan anak (atau sebaiknya membeli asuransi kesehatan keluarga)
-    Asuransi penyakit kritis diri sendiri dan pasangan 
-    Asuransi pendidikan 
-    Asuransi dana pensiun 

Semoga penjelasan di atas memberikan informasi sesuai yang dibutuhkan. Bila Anda tertarik membeli rangkaian asuransi untuk Anda dan keluarga, Anda bisa klik www.sequis.co.id. Sequis menyediakan jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan asuransi di setiap tahap kehidupan Anda. Untuk pertanyaan lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929 dan WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

 

Butuh bantuan ?