Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ketahui Pre Existing Condition Agar Terhindar Masalah Klaim



Anda akan mendengar istilah  polis asuransi, besaran premi, klaim, hingga istilah  pre existing condition saat membeli asuransi. Pre existing condition adalah kondisi pasien sudah terdiagnosis atau memiliki riwayat penyakit tertentu sebelum polis asuransi berlaku. Bisa juga disebut dengan riwayat penyakit yang sudah Anda miliki sebelum memiliki asuransi kesehatan. 

Misal, Pria A mengajukan asuransi kesehatan/ asuransi jiwa namun sudah memiliki penyakit bawaan (pernah serangan jantung, stroke, diabetes). Namun, penyakit tersebut tidak disampaikan kepada perusahaan asuransi. Nah, bila setelah polis asuransi berlaku dan Pria A mengajukan klaim atas penyakit-penyakit tersebut, perusahaan asuransi berhak membatalkan klaim.

Oleh karena itu, nasabah juga dituntut untuk transparan ketika ingin memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Laporkan semua riwayat penyakit yang pernah diderita agar proses klaim tidak bermasalah pada masa yang akan datang. 

Beberapa daftar pre existing condition antara lain: diabetes melitus, HIV dan AIDS, auto immune, kanker. Daftar lengkap dapat ditemukan pada polis asuransi atau dapat ditanyakan pada agen asuransi saat Anda mendaftar asuransi kesehatan.

Baca Juga
Memahami Polis dan Pengertian Asuransi Jiwa
Polis Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Pahami
Kiat-kiat Memahami Polis Asuransi Pendidikan Anak
Istilah Penting dalam Polis Asuransi Jiwa
Cara Memillih Polis Asuransi

Bagaimana bila terdapat pre existing condition saat mengajukan asuransi?
Besar kemungkinan pengajuan asuransi akan ditolak. Namun ada perusahaan asuransi yang memberikan kesempatan dengan mengadakan tes kesehatan dan underwriting. Bila perusahaan asuransi menerima, biasanya ada beberapa syarat yang harus dipatuhi calon nasabah bila ingin memiliki asuransi kesehatan. 

Bagaimana bila ketahuan ada pre existing condition  saat sakit?
Kemungkinan klaim ditolak akan sangat tinggi. Itu sebabnya calon nasabah harus jujur menginformasikan kondisi sebenar-benarnya saat mengisi Surat Permohonan Asuransi Kesehatan (SPA) agar perusahaan asuransi dapat memutuskan dengan kondisi Anda secara keseluruhan apakah tetap menerima Anda sebagai nasabah atau menolak. Jika Anda sudah jujur dan SPA Anda diterima maka saat mengajukan klaim bisa merasa tenang selama klaim sesuai dengan isi polis Anda.

Klaim asuransi sebetulnya tidak rumit bila nasabah mengerti cara dan syarat klaim. Keberadaan pre existing condition juga menjadi pelajaran bahwa berasuransi harus dilakukan selagi sehat dan produktif.

Butuh bantuan ?