Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mengantisipasi Kejatuhan Finansial yang Mengancam Dompet

16 Agustus 2022


Kejatuhan finansial terjadi karena kebiasaan yang tidak disadari


Kejatuhan finansial adalah kondisi ketika seseorang mengalami defisit keuangan dalam kurun waktu yang lama dan tak kunjung diperbaiki. Kejatuhan finansial terjadi karena kebiasaan yang tidak disadari. Misal, jajan kopi setiap hari, tidak mencatat pemasukan dan pengeluaran, serta bergantung ke pinjaman online yang membuat 'gali lubang tutup lubang' terjadi setiap bulan. Kejatuhan finansial juga dapat disebabkan faktor eksternal. Misal, bencana atau peristiwa di luar kendali seseorang yang berdampak besar terhadap keuangan seperti sakit dan kematian.

Meski begitu, kejatuhan finansial yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal bisa dihindari. Caranya dengan Anda mengetahui serta memahami tanda-tanda buruk yang dapat menyebabkan terjebak dalam kondisi tersebut.

Berikut ini beberapa perencanaan keuangan yang dapat diterapkan demi terbebas dari kejatuhan finansial pada masa depan:

Hemat Pengeluaran & Bayar Utang
Usahakan rutin menyisihkan sebagian gaji untuk setiap pos keuangan. Lalu, usahakan untuk berhemat. Ingat, berhemat bukan berarti tidak memanjakan diri sendiri, ya. Jadi, kebiasaan beli kopi setiap hari bisa dikurangi menjadi 3 kali dalam seminggu. Lalu, bisa pula berhemat dengan cara bawa bekal makan dari rumah dan mengurangi intensitas nongkrong.

Selain berhemat, prioritaskan uang Anda untuk membayar cicilan/utang. Usahakan membayar setelah gaji diterima. Dengan begitu, Anda sudah menjalankan kewajiban dan lebih mudah mengelola uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga
Tips Mengatur Keuangan Setelah Menikah
Mengatur Keuangan Dalam Berumah Tangga
Cara Mengatur Keuangan ala First Jobber
Asuransi Bisa Membantu Anda Mengatur Keuangan
Mengatur Keuangan Keluarga di Tengah Pandemi
Mahasiswa Perlu Mengatur Keuangan, Ini Caranya!

Mulai Berinvestasi
Mulailah menabung dan berinvestasi. Bagi pemula, bisa dengan berinvestasi di produk yang rendah risiko, seperti obligasi, reksa dana pasar uang, dan reksa dana pendapatan tetap. Bila sudah makin mahir, Anda bisa naik kelas ke investasi yang berisiko lebih tinggi seperti investasi saham.

Memiliki Asuransi
Usahakan memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa pada tahun ini. Asuransi kesehatan bakal melindungi kesehatan dan finansial Anda bila sewaktu-waktu sakit. Sedangkan asuransi jiwa bisa melindungi finansial keluarga bila Tertanggung mengalami musibah.

Cari Tambahan Pendapatan
Bila memiliki kesempatan, silakan mencari pendapatan tambahan selain dari gaji tetap bulanan. Mendapatkan tambahan penghasilan bisa dari membuat blog, menjadi 'reviewer" di YouTube, menjadi freelancer, hingga menjalankan bisnis dan jualan di e-commerce. Jalani semua tips tersebut dengan tekad yang kuat. Dengan begitu, kejatuhan finansial hanya akan menjadi masa lalu yang berubah menjadi kebebasan finansial pada masa depan.

Butuh bantuan ?