Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mengapa Wajib Punya Asuransi Kesehatan Komprehensif?

22 Agustus 2022


Sequis Q Infinite MedCare Series Plan Lite produk asuransi yang memberikan dengan jaminan 2 tempat tidur yang tidak menggunakan kamar terendah


Sequis Luncurkan Sequis Q Infinite MedCare Series Plan Lite: asuransi kesehatan dengan manfaat maksimal dan harga minimal 

Semua orang tentu ingin sehat tapi risiko sakit tetap bisa datang kapan saja. Kabar tidak enaknya adalah penyakit yang menyerang tidak bisa kita prediksi. Bahkan ada beberapa penyakit kronis yang datang tanpa lebih dulu memberikan sinyal ke tubuh. Situasi saat ini setelah pandemi covid-19 juga masih tidak mendukung karena kondisi udara di kota besar yang semakin berpolusi tinggi ikut memicu risiko gangguan saluran pernafasan. Terdapat juga penyakit baru, seperti hepatitis akut dan virus cacar monyet. Dengan kondisi demikian, masyarakat diharapkan waspada dari potensi penularan penyakit dan virus.

Bentuk kewaspadaan yang dapat dilakukan adalah memastikan lingkungan tempat tinggal dan kerja tetap bersih, menjaga kondisi kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi, cukup istirahat, dan berolahraga secara rutin. Masyarakat juga tetap diharuskan menerapkan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker dan mencuci tangan.

Selain kewaspadaan lingkungan dan fisik, kita pun perlu melakukan antisipasi dari risiko biaya biaya pengobatan yang tinggi sekaligus menjaga finansial keluarga. Antisipasi ini dapat dilakukan melalui asuransi kesehatan. Mereka yang sudah memiliki asuransi kesehatan tidak akan khawatir mencari bantuan untuk membayar rumah sakit karena ketersedian dana untuk biaya rumah sakit sudah dijamin oleh perusahaan asuransi.

Baca Juga
Virus dan Penyakit Mengintai, Sebaiknya Miliki Asuransi
Cara Hadapi Covid-19, Hepatitis Akut, dan Penyakit Menular
Bukti Komitmen Sequis Agar Nasabah Dapat Proteksi Optimal

“Kita tentu berharap bisa mendapatkan perawatan medis yang nyaman dan lengkap tapi tidak semua orang bisa mendapatkan karena mahalnya biaya perawatan di rumah sakit. Asuransi kesehatan adalah solusi agar bisa mendapatkan jaminan biaya atas perawatan medis yang terdiri dari rawat inap dan rawat jalan pasca rawat inap sesuai yang dijamin sesuai manfaat dan wilayah pertanggungan yang tertera dalam polis asuransi,” sebut Head of Health Strategic Business Unit, Mitchell Nathaniel.

Mitchell menambahkan bahwa saat ini produk asuransi kesehatan sudah banyak ditemukan di pasaran, masyarakat tinggal memilih mana yang sesuai. Sayangnya, literasi asuransi yang masih rendah sehingga sebagian orang membeli asuransi karena sedang promo atau ada hadiah yang ditawarkan. Ada juga yang sudah membayar premi tapi berakhir menyesal karena produk yang mereka miliki belum sesuai dengan kebutuhan.

Mitchell menyarankan agar masyarakat melindungi keluarga dengan asuransi kesehatan yang komprehensif karena manfaat pembayaran perawatan rumah sakit tidak hanya menanggung biaya perawatan per kejadian atau per tahun polis tapi sesuai tagihan (as charged).  Asuransi komprehensif juga mampu mengimbangi tingginya biaya kesehatan yang terus naik. Asuransi kesehatan komprehensif tidak saja menjamin ketersediaan biaya medis tapi juga memudahkan saat harus menjalani rawat inap, yakni menjamin bahwa pasien pasti mendapatkan perawatan terbaik di rumah sakit ternama di Indonesia atau di luar negeri. 

“Sequis berupaya menjawab kebutuhan asuransi kesehatan masyarakat dengan menyediakan asuransi kesehatan yang memberikan manfaat maksimal, yakni Sequis Q Infinite MedCare Series Plan Lite produk asuransi yang memberikan dengan jaminan 2 tempat tidur yang tidak menggunakan kamar terendah,” sebut Mitchell. 

Kata Mitchell lagi, dengan memiliki asuransi komprehensif semacam Sequis Q Infinite MedCare Series Plan Lite maka saat membutuhkan layanan medis, pasien dapat fokus pada kesembuhannya dan keluarga dapat tenang karena pasien akan mendapat perawatan yang terbaik dan tidak perlu khawatir soal biaya perawatan di rumah sakit. Tidak perlu juga menggangu dana dari tabungan atau aset lainnya. Bahkan tabungan dapat terus tumbuh karena tidak akan ‘diganggu’ oleh urusan kesehatan.  

Tips Memilih Asuransi Kesehatan dari Mitchell

“Banyak ragam produk asuransi kesehatan dari yang murah hingga premium yang tersedia saat ini. Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan, Anda dapat mencatat secara detail apa saja yang Anda butuhkan lalu sesuaikan kemampuan keuangan agar tidak memberatkan finansial keluarga. Saat mendapat penawaran produk asuransi tanyakan pada agen asuransi tentang manfaat, cakupan, pembayaran premi, tata cara serta syarat yang dibutuhkan ketika klaim, “sebut Mitchell. Ia pun membagikan tips memilih asuransi kesehatan sebagai berikut:

◢    Jaringan rumah sakit yang luas
Saat harus dirawat medis tentu kita akan mencari rumah sakit terdekat atau mungkin yang terlengkap. Hindari asuransi dengan manfaat perlindungan atas beragam jenis penyakit tapi hanya diterima di sedikit rumah sakit. Sebaliknya, jika asuransi kita memiliki jangkauan luas di banyak rumah sakit di Indonesia dan di luar negeri maka pasien dan keluarga akan terbantu soal akses karena mudah dan cepat ketika dibutuhkan. Keuntungan lainnya adalah saat sakit tapi berada di luar kota, bisa tetap mendapatkan perawatan yang nyaman di rumah sakit yang memiliki kerja sama dengan perusahaan asuransi yang Anda pilih. Demikian juga saat tertimpa musibah kecelakaan bisa segera mendapat perawatan di RS rekanan.

Baca Juga
Asuransi Kesehatan Anak, Seperti Apa Cara Memilihnya?
Pilih Produk Asuransi Kesehatan Murah yang Direkomendasikan
Apa itu Surat Pengajuan Asuransi dan Bagaimana Mengisinya?

Produk ini menyediakan 3 plan dengan wilayah pertanggungan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda, yakni Plan Lite 1 dengan wilayah pertanggungan di seluruh Indonesia, Plan Lite 2 dengan wilayah pertanggungan Asia (kecuali Singapura, Hong kong, dan Jepang), dan Plan Lite 3 dengan Wilayah Pertanggungan Asia.

◢    Tersedia fasilitas pembayaran nontunai atau cashless
Salah satu hal penting dalam memilih asuransi adalah cara klaim. Usahakan pilih asuransi kesehatan yang menyediakan cara klaim nontunai (cashless). Prosedur ini akan memudahkan saat proses pembayaran karena keluarga pasien hanya perlu menunjukkan kartu kepesertaan asuransi ketika proses pembayaran di kasir rumah sakit. Pembayaran biaya rumah sakit dengan cashless, bermanfaat untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi nasabah setelah menjalani perawatan di rumah sakit rekanan.

“Sequis sudah menyediakan kartu cashless di hampir semua produk asuransi kesehatan yang dimiliki termasuk untuk asuransi ini agar nasabah tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya perawatan di rumah sakit rekanan (provider) terlebih dahulu karena Sequis yang akan melakukan pembayaran langsung ke rumah sakit sesuai nilai polis yang akan dilakukan melalui Third Party Administrator yang bekerja sama dengan Sequis. Kemudahan ini tentu sangat berguna juga saat nasabah membutuhkan perawatan di rumah sakit rekanan di luar negeri,” sebut Mitchell.

◢    Batas tahunan (limit klaim) yang tinggi
Umumnya, limit klaim asuransi kesehatan ada dua jenis, yakni batas tahunan dan batas seumur hidup. Pada asuransi dengan batas tahunan, jika batas tahunan habis maka biaya pengobatan dan perawatan selanjutnya adalah tanggungan nasabah hingga limit terisi kembali di tahun depan. Pilihlah, asuransi kesehatan yang tidak memberlakukan batas seumur hidup dan pastikan batas tahunan asuransi per tahun juga jumlahnya mencukupi kebutuhan Anda. 

“Asuransi Kesehatan yang komprehensif akan memberikan keleluasaan bagi pasien dan nasabah agar bisa mendapatkan perawatan medis yang terbaik tanpa harus menggunakan uang pribadi karena nilai perlindungannya yang tinggi. Hal ini penting karena biaya perawatan medis tidak murah dan tidak dapat diketahui nilainya sebelum selesai perawatan.  Produk ini sudah memberikan batas tahunan yang cukup, yakni Plan Lite 1 batas tahunan yang ditanggung sampai dengan Rp6M, Plan Lite 2 sampai dengan Rp8M, dan Plan Lite 3 sampai dengan Rp10M. Sangat disayangkan jka nasabah harus membayar premi tiap bulan tapi nantinya akan kesulitan menyelesaikan administrasi rumah sakit,” sebut Mitchell.

◢    Memberikan perlindungan terhadap risiko penyakit kritis
Manfaat penyakit kritis akan sangat bermanfaat bilamana mendadak divonis menderita penyakit kritis atau jika memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kritis. Perlindungan penyakit kritis penting mengingat biaya perawatannya cenderung tinggi. Sayangnya, tidak semua produk kesehatan menyediakan manfaat ini sehingga pasien harus mengeluarkan kocek sendiri. 

Saat memilih produk asuransi kesehatan, perhatikan daftar penyakit yang masuk dalam pertanggungan.  Pastikan penyakit kritis yang berisiko menghabiskan dana besar ditanggung oleh produk tersebut. Produk ini sudah memberikan manfaat maksimal dengan biaya minimal yang sudah menanggung sejumlah penyakit kritis berbiaya tinggi, seperti jantung, kanker,gagal ginjal, dan  stroke. 

◢    Tersedia manfaat lain yang berguna
Manfaat yang juga perlu dalam asuransi kesehatan adalah tersedia perlindungan atas penyakit covid-19 sebab kita masih berhadapan dengan bahaya potensi penularan, munculnya mutasi baru, dan adanya kemungkinan peningkatan kasus secara perlahan. Manfaat lain yang juga bisa menjadi pertimbangan adalah jika memberikan manfaat terapi okupasi, wicara, dan pengobatan tradisional Tiongkok.

Produk ini bahkan memberikan manfaat   konsultasi gizi, konsultasi psikologis, dan osteopati. Tedapat juga manfaat penggantian atas komplikasi pra dan pasca melahirkan, terapi alternatif, penggantian biaya atas kasus darurat di luar wilayah pertanggungan, dan biaya perawatan di IGD tanpa rawat inap.  


◢    Perusahaan asuransi memiliki reputasi yang baik
Kredibilitas perusahaan dapat dilihat dari kemampuan menyediakan ragam produk asuransi yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga dengan lugas dapat memberikan informasi yang detail tentang produk-produk asuransinya. Selain itu, dapat diketahui juga dari rasio solvabilitas yang tinggi. Dalam industri asuransi, rasio ini dikenal dengan istilah Risk-Based Capital (RBC), yakni memiliki aset yang cukup untuk digunakan membayar kewajibannya dengan persyaratan minimum RBC bagi perusahaan asuransi sebesar 120%. 

“Sequis memiliki RBC pada tahun 2021 sebesar 511%. Itu artinya, Sequis memiliki kecukupan modal untuk mendukung keseluruhan operasi bisnisnya di atas nilai yang disyaratkan oleh OJK. Selain kekuatan kecukupan modal, saat ini Sequis juga memiliki lebih lebih dari dari 9.500 tenaga pemasaran bersertifikasi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan didukung dengan 7 Customer Service Center di 6 kota yaitu Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Semarang, serta lebih dari 72 kantor pemasaran di 28 kota di Indonesia,” sebut Mitchell,”

Sebagai penutup, Mitchell mengingatkan masyarakat yang sedang dalam proses mengambil produk asuransi agar mengisi Surat Permintaan Asuransi (SPA) dengan lengkap, jujur dan jelas agar terhindar dari kemungkinan ditolaknya pengajuan klaim. Mitchell juga menyarankan bagi masyarakat yang sudah memiliki polis agar membaca dengan seksama ketentuan yang tercantum. Bila terdapat ketentuan yang tidak sesuai disampaikan agen dapat memanfaatkan waktu 14 hari setelah polis diterima (grace period) untuk menyampaikan keberatan atau perubahan.
 
 
Kontak:
Lana Christy

PT Asuransi Jiwa Sequis Life
Tel: 021 5223 123 ext. 2110
lana.christy@sequislife.com

Ineke Novianty Sinaga
PT Asuransi Jiwa Sequis Life
Tel: 021 5223 123 ext. 2101
ineke.sinaga@sequislife.com

Butuh bantuan ?