Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Menjauh dari Media Sosial Bila Mengalami 4 Gejala Ini

29 Desember 2021



Media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan setiap orang pada saat ini. Tengok saja sekeliling kalian, anak kecil hingga orang tua memiliki akun media sosial dan setidaknya membuka media sosial satu kali dalam sehari.

Media sosial memiliki dua sisi mata uang. Di satu sisi, media sosial bisa menjadi sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan seseorang. Namun di sisi lain, media sosial bisa menimbulkan perasaan takut, minder, cemas, hingga depresi.

Anda harus menjauh dari media sosial bila hal buruk itu terjadi. Nah, tanda-tanda media sosial sudah berefek buruk biasanya ditunjukkan dengan gejala-gejala berikut ini: 

1. Terlalu Kepo
Kepo merupakan istilah slang untuk menunjukkan ketika seseorang terlalu ingin mengetahui suatu hal atau tentang seseorang secara mendalam. Nah, kepo bisa berakibat buruk karena Anda secara tidak sadar sudah menghabiskan berjam-jam untuk menatap media sosial. Tinggalkan media sosial sejenak bila ini sudah terjadi. Sebab, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan ketimbang duduk selama beberapa jam hanya untuk berselancar di media sosial.

2. Tidak Menjadi Diri Sendiri
Mendapat komen positif dan 'like' di media sosial kadang memberikan sensasi candu. Hingga akhirnya, banyak orang melakukan berbagai cara agar bisa mendapatkan respons seperti itu secara konsisten di media sosial. Salah satunya 'posting' hal-hal yang sebetulnya tidak merepresentasikan jiwa Anda. Misal, memaksakan diri berlibur 'demi like', padahal dalam kehidupan nyata sedang krisis keuangan. Atau, rajin mengunggah makan di resto mewah walau kenyataannya tidak menyukai makanan yang dihidangkan.

Baca Juga
Detoks Media Sosial Selama Pandemi Covid-19
Hoaks yang Pernah Beredar Mengenai Covid-19 di Indonesia
Penyebab Stres Selama Pandemi Covid-19 dan Cara Mengatasinya

3. Mengabaikan Lingkungan Sekitar
Jauhkan diri dari media sosial bila Anda sudah mengasingkan diri dari lingkungan sekitar atau melakukan phubbing saat kumpul bersama orang lain. Misal, Anda lebih senang atau
terus menatap layar smartphone walau sedang berkumpul dengan teman atau keluarga. Kebiasaan memutus komunikasi saat bersama orang-orang terdekat merupakan tanda-tanda bahwa Anda mulai kecanduan media sosial.

4. Terbawa Arus Menyebarkan Ketidakbenaran/Hoaks
Berita bohong serta ujaran kebencian bertebaran di media sosial. Nah, Anda harus menjauh dari media sosial bila Anda menjadi bagian dari orang-orang yang mendapat terpaan atau justru turut serta menyebarkan berita-berita seperti itu.
 

Butuh bantuan ?