Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Premi Asuransi Dijamin Murah Cek Dulu Ketentuannya

9 Maret 2023



Sudah punya niat memiliki asuransi kesehatan namun selalu tertunda sering mendapat kabar bahwa premi asuransi kesehatan mahal? Tenang, premi asuransi kesehatan tiap orang berbeda kok. Ada kemungkinan premi yang harus Anda bayar jauh lebih murah dibanding kepunyaan saudara, kerabat kerja, hingga tetangga Anda.

Premi asuransi kesehatan ditentukan oleh banyak faktor. Yuk cari tahu faktor-faktor yang lazimnya memengaruhi harga premi asuransi kesehatan.

1.    Usia tertanggung
Umur terbaik untuk mendapatkan biaya premi yang terjangkau adalah di bawah 30 tahun. Pada usia tersebut seseorang dianggap memiliki rentang masa aktif bekerja yang lebih panjang dibandingkan dengan orang-orang berusia lebih tua. Anda sudah memasuki usia di atas 30 tahun pada saat ini? Tenang, banyak faktor lainnya yang bisa Anda penuhi agar harga premi tidak menjadi mahal.  

2.    Riwayat kesehatan
Perusahaan asuransi memberikan syarat tes kesehatan untuk calon nasabah. Anda bakal diminta menuliskan riwayat kesehatan saat tahap surat pengajuan asuransi. Bahkan, riwayat kesehatan keluarga/orang tua juga perlu dicantumkan. Nantinya, riwayat kesehatan menjadi salah satu dasar bagi perusahaan asuransi dalam menentukan besaran premi asuransi kesehatan Anda. Premi berpotensi murah bila Anda dan keluarga tidak pernah memiliki riwayat penyakit berat.

Baca Juga
Tips Mendapatkan Asuransi dengan Premi Murah
Mengenal dan Menghitung Premi Asuransi Kesehatan
Asuransi Terbaik Tidak Selalu Memiliki Premi Mahal

3.    Kebiasaan merokok
Jumlah premi asuransi ditentukan berdasarkan tingkat risiko yang ditanggung perusahaan asuransi. Semakin besar risiko yang ditanggung, semakin besar pula premi asuransi yang harus dibayarkan.
Beberapa contohnya adalah:
a.    Premi asuransi kesehatan yang dibayar oleh perokok akan lebih mahal dibanding orang yang tidak merokok.
b.    Premi asuransi kesehatan yang dibayar oleh penderita obesitas akan lebih mahal dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal.

4.    Jenis pekerjaan
Beberapa pekerjaan yang memiliki tingkat bahaya tinggi, seperti militer, pilot, dan buruh tambang, sering menjadi perhatian khusus oleh perusahaan asuransi sebelum menerbitkan polis asuransi calon nasabah dan perusahaan asuransi bisa membebankan biaya premi lebih (ekstra premi) untuk menyeimbangkan potensi risiko tertanggung.

5.    Hobi
Selain pekerjaan, orang-orang dengan hobi yang mengandung risiko besar juga turut menjadi perhatian. Beberapa hobi, kegiatan, atau olah raga yang dinilai mengandung risiko tersebut di antaranya:

1.  Balap mobil
2.  Balap motor
3.  Balap kuda
4.  Berlayar
5.  Mendaki gunung
6.  Bertinju
7.  Memanjat tebing
8.  Terjun payung (sky diving)
9.  Bungee jumping
10. Cave diving
11. Gantolle
12. Kite surfing, dll.

Banyak faktor yang memengaruhi premi asuransi. Jadi, jangan dulu dipusingkan dengan besaran premi sebelum Anda melampirkan data yang dibutuhkan. Sebab, perusahaan asuransi akan melakukan riset secara komplet tentang kondisi calon nasabah dan membebankan premi yang memang sudah sesuai dengan kondisi kesehatan serta finansial calon nasabah.

Butuh bantuan ?