Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Siap-siap Promo Akhir Tahun, Yuk Cari Cara Mengatur Keuangan

21 Oktober 2021



Menahan diri untuk tidak mengeluarkan uang makin sulit sekarang ini. Dulu, 'godaan' hanya datang dari diskon-diskon yang ditawarkan toko di mall. Frekuensinya juga tidak sering. Biasanya hanya menjelang libur Lebaran atau Natal dan tahun baru. 

Situasinya sudah berubah banyak. Promo bertebaran tiap bulan di e-commerce. Diskon makin menggila pada waktu-waktu tertentu seperti akhir tahun yang sebentar lagi kita lewati. Hal ini tentunya menggoda masyarakat untuk terus berbelanja dan menjadi sangat konsumtif.

Lantaran tergoda dengan diskon tersebut, masyarakat kahirnya memilih untuk utang melalui kartu kredit dan dibayar dengan sistem cicil tiap bulan atau menggunakan sistem pembayaran PayLater. Ada pula yang memutuskan untuk bayar tunai namun dengan konsekuensi harus sangat irit atau justru sampai kehabisan uang saat pertengahan bulan.  

Hayo ngaku, Anda pernah mengalaminya? Bila pernah, sebaiknya mulai atur kembali perencanaan keuangan Anda. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasan berikut ini:

1.    Evaluasi
Mengevaluasi kondisi keuangan pribadi adalah langkah pertama dalam tahapan mengatur rencana keuangan. Catat setiap pengeluaran setiap bulan. Lalu, lakukan evaluasi. Sebab, bisa jadi barang-barang yang Anda beli tidak bersifat mendesak sehingga tidak perlu menghabiskan uang untuk membelinya kembali pada bulan berikutnya. 

Baca Juga
Tips Mengatur Keuangan Setelah Menikah
Mengatur Keuangan Dalam Berumah Tangga
Cara Mengatur Keuangan ala First Jobber
Asuransi Bisa Membantu Anda Mengatur Keuangan
Mengatur Keuangan Keluarga di Tengah Pandemi
Mahasiswa Perlu Mengatur Keuangan, Ini Caranya!

2. Buat Anggaran Harian, Mingguan, dan Bulanan dengan detail
Pertama-tama Anda buat budget plan. Rencanakan apa yang harus dibeli untuk harian, mingguan, dan bulanan. Rencanakan kebutuhkan pokok terlebih dahulu lalu mengikuti kebutuhan lainnya. Kebutuhan atau biaya pokok di antaranya adalah :
a.    Biaya makan satu bulan
b.    Biaya pulsa dan internet
c.    Kebutuhan sehari-hari
d.    Bensin/ongkos kendaraan
e.    Bayar Cicilan 

Silakan Anda mencari promo-promo akhir tahun bila semua kebutuhan-kebutuhan tersebut sudah terpenuhi dan masih ada uang tersisa di tabungan. 

3.    Gunakan alat bantu 
Coba buka ponsel pintar Anda dan cari aplikasi dengan kata kunci “money manager”. Akan muncul beragam jenis aplikasi yang bisa Anda pilih untuk membantu mengatur penggunaan uang dalam jangka waktu pendek, menengah, hingga panjang.

4. Asuransi
Pandemi covid-19 harusnya menyadarkan masyarakat bahwa asuransi bukan lagi kebutuhan sekunder atau tersier. Kini, asuransi sudah menjadi kebutuhan dasar. Bagi yang belum memiliki asuransi, ada baiknya mulai mempertimbangkan untuk mendapatkan proteksi kesehatan/jiwa guna mempersiapkan diri atas segala risiko yang tidak terduga pada saat ini. Bagi yang sudah memiliki asuransi, ada baiknya untuk meninjau kembali polis asuransi Anda.

Cek apakah perlindungan yang ditawarkan sudah optimal atau bisa memproteksi Anda dari bila harus dirawat akibat terpapar virus covid-19? Jangan ragu untuk konsultasi hal ini dengan agen asuransi Anda. Dengan memiliki asuransi, Anda bisa terhindar dari krisis keuangan bila mendadak sakit. Selain itu, Anda tetap bisa mendapatkan perawatan optimal walau uang tabungan sudah digunakan untuk belanja online.

Butuh bantuan ?