Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Menghadapi Pancaroba yang Mulai Melanda Sejumlah Daerah

26 Oktober 2022



Musim pancaroba mulai berlangsung sejak September 2022. Pada momen itu, hujan deras mengguyur hingga menyebabkan genangan hingga banjir. Namun tak lama kemudian cuaca bisa mendadak berubah menjadi panas menyengat.

DKI Jakarta menjadi salah satu wilayah yang sedang menghadapi cuaca tak menentu. Curah hujan cukup tinggi kerap terjadi pada pagi dan malam hari, namun mendadak panas terik saat siang dan mendekati sore.

Situasi ini kadang membuat sebagian orang merasakan dehidrasi, terserang virus, dan kemudian sakit. Menurut beberapa pakar kesehatan, itu terjadi karena perubahan cuaca panas ke suhu yang mendadak dingin akibat hujan membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Alhasil virus mudah masuk ke tubuh.

Bagaimana menyikapi perubahan cuaca ekstrem seperti yang terjadi pada saat ini? Berikut ini ada beberapa tips seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Menggunakan masker
Memakai masker rasanya sudah menjadi kebiasaan semua orang pada saat ini. Selain melindungi dari paparan virus covid-19, berbagai virus yang biasa datang saat musim pancaroba dan perubahan cuaca ekstrem juga bisa dicegah dengan menggunakan masker.  

2. Rajin minum air mineral dan usahakan tubuh tetap terhidrasi
Tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup usai terpapar terik matahari. Celakanya, perubahan cuaca yang ekstrem kadang membuat seseorang mendadak tidak merasa haus. Terutama ketika berada dalam udara dingin. Namun percayalah, tubuh tetap butuh asupan cairan setiap hari. Jadi, usahakan untuk rajin minum air mineral atau air hangat agar tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga
Jangan Meremehkan Lemak Perut, Bisa Timbul Penyakit Kritis
3 Olahraga yang Dianjurkan untuk Kesehatan Jantung
Jangan Asal Pakai Diffuser, Waspada Bahaya untuk Kesehatan
Sekilas Tentang Cacar Monyet yang Sudah Ada di Indonesia
Jalan Kaki, Olahraga Simpel yang Punya Banyak Manfaat

3. Jaga pola makan
Menambah asupan vitamin c layak Anda pertimbangkan selama masa pancaroba seperti sekarang ini. Sebab vitamin c bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Olahraga
Berolahraga adalah salah satu cara bijak untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan tidak mudah sakit. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk mempertahankan fungsi jantung dan memperkuat otot yang berperan dalam mekanisme resistensi insulin. Anda bisa melakukannya ± 15-30 menit per hari dan dilakukan 4-5 kali seminggu, seperti jogging atau aerobik. Saat hujan melanda, Anda bisa berolahraga di rumah dengan menggunakan sepeda statis atau skipping rope.

5. Memiliki asuransi
Memiliki asuransi kesehatan menjadi langkah tepat agar Anda tidak mendapatkan kerugian yang lebih besar ketika sakit. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda bisa langsung mendapatkan perawatan dan pengobatan secara cepat serta tepat di rumah sakit. Selain itu, Anda tak perlu pusing memikirkan biaya perawatan karena sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Butuh bantuan ?