Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

3 Olahraga yang Dianjurkan untuk Kesehatan Jantung

23 Desember 2022



Serangan jantung umumnya menghampiri orang-orang yang mengidap tekanan darah tinggi, seseorang dengan kolesterol tinggi, orang yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung, orang yang punya pola makan tidak sehat, serta seseorang kelebihan berat badan atau obesitas akibat kurang olahraga atau males gerak (mager).

Potensi terkena serangan jantung makin meningkat bila masyarakat yang masuk dalam kategori mager berstatus sebagai perokok aktif. Maklum, rokok bisa menyebabkan kerusakan pada jantung dan pembuluh darah. Selain itu, nikotin yang terkandung di dalam rokok juga dapat meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida dari asap rokok juga bisa mengurangi jumlah oksigen yang dibawa oleh darah.

Baca Juga
Mewaspadai dan Mengenali Tanda-tanda Gagal Jantung
Ragam Langkah Antisipasi Menghadapi Teror Gagal Jantung
Penyakit Jantung di Wanita: Kenali, Cegah, dan Lindungi
4 Kebiasaan Buruk Anak Muda yang Memicu Serangan Jantung
Pelajaran dari Gagal Jantung Pemain Denmark, Eriksen

Yuk tinggalkan kebiasaan mager dan ubah polah hidup Anda mulai dari sekarang. Memulai fase hidup baru yang lebih sehat bisa dilakukan dengan olahraga rutin setiap hari. Berikut ini beberapa olahraga yang dianjurkan untuk memperkuat otot jantung, menjaga berat badan ideal, serta mencegah kerusakan pembuluh darah karena kolesterol.
 
Latihan aerobik
Olahraga ini bisa melatih otot jantung, melancarkan peredaran darah, serta mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Contoh latihan aerobik di antaranya jalan kaki, jogging, berenang, bersepeda, senam, lompat tali, tenis, dan badminton.

Latihan kekuatan
Olahraga ini bisa meningkatkan daya tahan jantung. Terutama bila olahraga tersebut dikombinasikan dengan aerobik. Contoh latihan kekuatan di antaranya angkat beban, push-up, sit-up, plank, squat, dan sebagainya. 

Latihan fleksibilitas
Latihan fleksibilitas seperti yoga dan pilates bisa meningkatkan kesehatan jantung secara signifikan. Menurut berbagai sumber, jenis latihan ini baik untuk kesehatan otot, jaringan ikat, saraf, tulang, dan sendi.

Mari mulai hidup sehat. Dengan berolahraga, Anda sudah melakukan langkah tepat untuk memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.

Butuh bantuan ?