Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Menyusun Bujet untuk Liburan, Biar Nggak Boncos

8 Pebruari 2023



Bagi sebagian orang, libuan menjadi momen yang pantang dilewatkan. Bahkan, rencana berlibur ke luar kota hingga luar negeri sudah disiapkan sejak beberapa bulan sebelumnya.

Namun kadang, akibat terlalu fokus dengan urusan akomodasi dan destinasi yang bakal dituju, kebutuhan finansial untuk melangsungkan liburan lupa untuk disiapkan. Padahal, perencanaan keuangan yang matang juga bisa memengaruhi kelancaran Anda dan keluarga selama berlibur.

Lalu, bagaimana cara dan tips yang ideal dalam menyusu bujet liburan agar rencana bersenang-senang bersama keluarga dapat terwujud serta keuangan tetap aman? Yuk simak beberapa tips berikut ini.

Dana Liburan
Sebetulnya tidak ada angka mutlak besaran dana yang sebaiknya digunakan untuk liburan. Namun angka ideal menurut sejumlah perencana keuangan adalah sekitar tujuh persen dari gaji bulanan Anda. Diasumsikan gaji bulanan Anda Rp5 juta dan 7 persen di antaranya (Rp350 ribu) ditabung untuk liburan . Jadi, Anda memiliki Rp4,2 juta yang bisa digunakan untuk liburan setelah menabung selama 12 bulan. Total Rp4,2 juta itu sebaiknya sudah ditempatkan ke sejumlah pos anggaran, seperti:

1. Biaya Transportasi
Transportasi berpotensi menyedot pengeluaran terbesar Anda. Semakin jauh destinasi liburan yang dituju, biaya transportasi yang harus disiapkan juga kian mahal. Untuk meminimalkan pengeluaran dari pos ini, usahakan untuk membeli tiket pesawat atau kereta sejak jauh hari karena biasanya harga yang ditawarkan lebih murah. Intip pula tawaran promo yang ditawarkan oleh aplikasi penyedia tiket atau dari pihak maskapai.

Baca Juga
Tips Mengatur Keuangan Setelah Menikah
Mengatur Keuangan Dalam Berumah Tangga
Cara Mengatur Keuangan ala First Jobber
Asuransi Bisa Membantu Anda Mengatur Keuangan
Mengatur Keuangan Keluarga di Tengah Pandemi
Mahasiswa Perlu Mengatur Keuangan, Ini Caranya!

2. Biaya Penginapan
Penginapan juga bisa menyedot pengeluaran yang besar bila Anda memilih hotel atau villa yang mewah. Untuk menekan biaya, silakan pilih hotel/villa yang murah namun tetap nyaman untuk istirahat dan dekat dari tempat wisata yang bakal Anda kunjungi.

3. Biaya Konsumsi
Untuk menikmati masa-masa liburan Anda, sebaiknya tidak perlu memikirkan besaran dana yang dikeluarkan untuk pos ini. Silakan bersenang-senang dan menikmati sajian kuliner di negara/kota yang Anda kunjungi.

4. Belanja oleh-oleh
Liburan selalu identik dengan belanja buah tangan/cinderamata sebagai oleh-oleh untuk anggota keluarga di rumah atau teman dekat. Agar tidak kalap belanja oleh-oleh, usahakan sudah menentukan bujet untuk kebutuhan ini.

5. Siapkan Asuransi Kesehatan
Usahakan sudah menyiapkan dana untuk memiliki asuransi kesehatan sebelum memutuskan pelesir ke luar kota atau luar negeri. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda bakal bebas khawatir bila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama momen berlibur.

Setelah memiliki asuransi kesehatan, jangan lupa bawa kartu sakti Sequis Q Infinite MedCare Rider selama berlibur. Dengan membawa kartu SQIMC, Anda dan keluarga bisa memanfaatkan layanan cashless untuk pembiayaan perawatan dan pengobatan di rumah sakit rekanan Sequis yang tersebar di seluruh dunia.

Butuh bantuan ?