Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

3 Hal yang Mesti Dibeli Usai Terima THR, Gaji, dan Bonus



Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran 2023 sudah didapat. Bahkan, beberapa karyawan sudah menerima THR pada awal April 2023 atau minggu kedua bulan Ramadan. Rekening para karyawan dipastikan makin 'membengkak' karena menerima gaji April hingga bonus tahunan pada bulan yang sama.

Penambahan uang dengan jumlah banyak dan dalam waktu yang singkat harus disikapi secara bijak. Di satu sisi, Anda memiliki uang yang memadai untuk mudik, belanja keperluan Lebaran, serta membeli barang impian. Namun di sisi lain, banyak uang membuat Anda menjadi boros. Celakanya, ketidakmampuan mengatur finansial secara tepat bisa membuat semua uang hilang secara cepat tanpa ada tujuan finansial Anda yang terpenuhi.

Biasanya, potensi boros berpotensi dilakukan oleh masyarakat di kota besar (terutama anak muda). Banyak faktor yang memengaruhi hal tersebut. Bisa karena gengsi untuk belanja barang branded, peer pressure di pergaulan sehingga harus mengikuti gaya hidup mewah, hingga demi status sosial.

Gaya hidup mewah sebetulnya sah saja bila diimbangi pendapatan yang besar secara kontinyu. Namun menjadi petaka bila kondisi keuangan sebetulnya pas-pasan atau punya uang lebih hanya pada momen tertentu saja (saat menerima THR dan bonus). Tanpa perencanaan keuangan yang baik, mereka bakal kesulitan mencapai tujuan finansial pada masa depan bila saat muda kerap boros.

Baca Juga
Manfaatkan THR untuk Membeli Asuransi Penyakit Kritis
Gunakan THR untuk Dana Darurat & Investasi Jangka Panjang
THR Telah Tiba, Belanja Atau Bayar Utang?
Menggunakan THR untuk Investasi Reksa Dana

Demi kehidupan yang lebih pada masa depan, yuk hentikan kebiasaan menghamburkan uang tanpa perencanaan keuangan yang jelas. Agar THR, gaji, dan bonus tahun ini terasa lebih bermakna dan menghasilkan cuan pada masa depan, silakan sisihkan sebagian uang yang Anda miliki untuk ditempatkan ke pos finansial berikut ini:

Asuransi
Proteksi kesehatan dan keuangan Anda dengan asuransi. Tanpa asuransi, Anda bisa boros karena harus mengeluarkan uang dengan jumlah yang banyak ketika sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Bila sudah terproteksi asuransi, Anda bisa mencegah tabungan dan dana darurat ludes karena biaya perawatan kesehatan serta mendapatkan perawatan optimal selama sakit.

Sisihkan Dana untuk Investasi Jangka Panjang
Mungkin, investasi tampak membingungkan di mata anak muda. Pandangan ini harus segera diubah. Nyatanya, investasi jangka panjang bisa memberi keuntungan pada masa depan bila dilakukan dengan baik dan benar.

Agar investasi cuan, anak muda harus rajin mencari informasi dan meminta saran dari profesional. Dengan pengetahuan yang cukup, anak muda bisa melakukan investasi dengan baik serta memperbaiki kondisi finansial pada masa depan.

Beli Emas
Gunakan sebagian uang THR, gaji, dan bonus yang Anda miliki untuk membeli emas/logam mulia. Bila tertarik dengan investasi emas, sebaiknya membeli emas LM di PT Aneka Tambang (Antam), Pegadaian, atau toko emas yang memiliki sertifikat asli dari Antam. Harga emas terus mengalami tren kenaikan sehingga investasi ini cukup menguntungkan.

Butuh bantuan ?