Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

4 Cara Mudah Mencegah Berat Badan Naik Saat Sibuk WFO

27 Desember 2022


cara menurunkan berat badan bisa ditempuh dengan melakukan sejumlah aktivitas yang tepat


Kesibukan sebagai karyawan yang harus melakukan pekerjaan di kantor (Work From Office atau WFO) membuat sejumlah orang tak punya waktu untuk berolahraga.  Ketika ada waktu luang, olahraga tetap urung dilakukan lantaran cuaca di luar tidak bersahabat seperti hujan lebat atau angin kencang. Tak heran, banyak pegawai kantoran yang mengeluh mengalami kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya akibat kurang gerak.

Menurut data dari NHS dan dilansir oleh CNN, kenaikan berat badan paling signifikan terjadi di orang-orang berusia di bawah 40 tahun atau usia produktif sebagai karyawan kantoran. Rata-rata orang di kelompok ini mengalami kenaikan berat badan hingga 3,6 kg bila tidak melakukan aktivitas olahraga.

Ayo saatnya melakukan perubahan. Kebiasaan sebagai pegawai kantoran yang sering duduk ‘di belakang meja’ harus sedikit disiasati agar berat badan tubuh tidak semakin meningkat. Bila dibiarkan, potensi terkena penyakit berbahaya seperti diabetes dan obesitas bisa meningkat.

Baca Juga
Eating Disorder yang Pantang Untuk Diremehkan
Awali 2022 dengan Memiliki Berat Badan Ideal
Fakta Seputar Kanker dan Cara Pencegahannya

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan serta melunturkan lemak walau sedang menjalani hari yang sibuk selama WFO.

1. Konsumsi air putih hangat
Minum air putih hangat di sela-sela waktu Anda bekerja atau meeting. Mengonsumsi air putih hangat dengan jumlah yang banyak akan mempercepat proses metabolisme seseorang hingga sekitar 40%. Peningkatan kinerja metabolisme akan membantu pembakaran kalori. Air putih hangat juga bisa membantu meningkatkan pergerakan usus, memecah makanan lebih cepat, serta mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

2. Konsumsi air lemon
Selain air putih hangat, mengonsumsi air lemon hangat selama di kantor juga membantu mempercepat metabolisme tubuh. Ini disebabkan senyawa antioksidan di lemon bisa menyeimbangkan efek negatif dari kadar glukosa darah. Selain itu, mengonsumsi air lemon setelah makan bisa menghidrasi tubuh serta melunturkan lemak-lemak sisa makanan.

Baca Juga
Penderita Asam urat Pantang Mengonsumsi 5 Makanan Ini
Jangan Remehkan Komorbid: Cek Kesehatan dan Punya Asuransi
4 Kebiasaan Makan Orang Korsel Agar Turunkan Berat Badan

3. Konsumsi serat
Cara lain agar berat badan tidak semakin meningkat dan melunturkan lemak adalah dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur ketika Anda makan siang saat WFO. Menurut hasil penelitian, konsumsi 10 gram serat dapat mengurangi 3,7 persen jumlah lemak khususnya di bagian perut.

4. Aktif bergerak / berolahraga
Sempatkan waktu untuk berolahraga ringan di sela-sela jam istirahat WFO. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah jalan santai selama 10-15 menit. Ini bisa Anda lakukan saat berjalan ketika beli makan siang atau saat berpindah lantai menggunakan tangga.

Butuh bantuan ?