Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Awali 2022 dengan Memiliki Berat Badan Ideal

14 Pebruari 2022



Awal tahun adalah waktu yang tepat untuk memulai sesuatu yang positif. Termasuk memulai pola hidup sehat dan rajin berolahraga agar mendapatkan berat badan ideal.

Namun, sebetulnya apa sih indikator tubuh sehat dan fit? Sebagian orang mungkin menjawab tubuh sehat dan fit biasanya ditunjukkan dengan memiliki berat badan yang ideal.

Baca Juga
4 Manfaat dari Infused Water, Yuk Mulai Konsumsi
Mengenali Gejala dan Penyebab Penyakit Vertigo
Penyebab dan Cara Mengatasi Social Anxiety Disorder
Bukan untuk Pamer di Medsos, Kenali Jenis Gangguan Mental
Omicron Tiba, Yuk Lindungi Diri dan Rutin Konsumsi Vitamin C

Nah menurut pemaparan berbagai situs kesehatan, salah cara untuk mengetahui seseorang telah memiliki beran badan ideal adalah dengan mengerti arti dari Body Mass Index (BMI). Indikator BMI disebut juga sebagai Indeks Massa Tubuh (IMT). Ini kerap menjadi standar penilaian kesehatan. Ini dalam bentuk angka untuk memberi informasi seputar status berat badan. Bisa saja ideal, kurang, berlebih, atau obesitas. Angkanya didapat dari analisis tinggi dan berat badan Anda.

Perhitungan BMI lumayan sederhana. Pertama, ukur berat badan (dalam kg) dan juga tinggi badan (dalam cm). Rumus dari perhitungan BMI adalah berat badan dibagi tinggi badan yang dikuadratkan.

Baca Juga
Mengenal Problem Sandwich Generation & Cara Menghindarinya
Tips Simpel Melindungi Polis Asuransi Agar Tetap Aktif
Kaum Rebahan Ingin Punya Asuransi? Coba Find Agent Sequis
2 Hal yang Bikin Orang Tua Wajib Beli Asuransi Pendidikan
Beli Asuransi Kesehatan sebelum Covid-19 Varian Mu Menyebar

Semakin tinggi nilai BMI seseorang, semakin tinggi juga risiko kesehatan yang dialami. Namun perlu diingat bahwa BMI hanya memperhitungkan proporsionalitas berat badan dan tinggi badan.

Alhasil, BMI tidak dapat memperkirakan persentase lemak dan otot yang ada. Karena itu, terkadang BMI bukanlah alat pengukur kesehatan yang tepat untuk beberapa orang seperti atlet, anak-anak, ibu-ibu hamil, atau orang lanjut usia.

Tips menjaga berat badan ideal
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga berat badan yang sehat. Berikut ini beberapa di antaranya: 

Baca Juga
Memutus Rantai Sandwich Generation dan Pensiun dengan Nyaman
Persiapkan Dana Pensiun dengan Investasi Jangka Panjang

1. Lakukan diet secara benar
Diet bukan semerta-merta mengimbangi kalori yang masuk dengan yang keluar. Jadi, pastikan kalori tersebut padat dengan nutrisi. Batasi karbohidrat, batasi konsumsi gula dan garam, lalu perbanyak protein, dan makan banyak sayur dan buah.

2. Berolahraga secara teratur
Berolahraga secara rutin adalah cara tepat membakar kalori. Selain itu, sempatkan pula latihan kekuatan agar bisa membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme. Menurut pakar kesehatan, usahakan berolahraga 150 menit per minggu. Namun, capai target itu secara bertahap. Bisa dimulai dengan 30 menit per minggu, lalu naik menjadi 60 menit, dan seterusnya.

3. Jaga kesehatan
Berat badan bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Karena itu pastikan kamu menjaga kesehatan baik secara mental dan fisik. Ini berarti jauhkan dirimu dari stres yang berlebih, tetap minum dan makan yang cukup, dan tidur yang cukup.

Butuh bantuan ?