Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Penderita Asam urat Pantang Mengonsumsi 5 Makanan Ini

14 Pebruari 2022



Sehat mahal harganya. Ketika sehat, seseorang bisa berpergian ke banyak tempat dan makan beragam macam makanan. Namun, keistimewaan itu tidak berlaku bagi orang yang menderita asam urat. Selain kesulitan untuk berpergian jauh, penderita asam urat juga harus pilih-pilih makanan yang ingin dikonsumsi. 

Penderita asam urat biasanya mengalami rasa nyeri di bagian persendian. Rasa nyeri disebabkan oleh kandungan purin yang menumpuk sehingga otot menjadi kaku dan pegal. Kadang rasa nyeri yang dihasilkan menimbulkan rasa sakit tak tertahankan.

Menurut berbagai sumber, salah satu penyebab penyakit asam urat bisa timbul adalah karena asupan makanan yang salah. Nah, agar Anda terhindar dari penyakit asam urat, ada baiknya menmghindari atau mengurangi porsi makanan berikut ini:

Baca Juga
Sayangi Jantung Dengan Pola Hidup Sehat dan Miliki Asuransi
Lawan Penyakit Jantung Aritmia dengan Memperbaiki Gaya Hidup
Pelajaran dari Gagal Jantung Pemain Denmark, Eriksen
Asuransi Kesehatan Hingga Puluhan Miliar per Tahun, Perlu?
Rekomendasi Produk Asuransi Penyakit Kritis untuk Milenial

1. Daging
Penderita asam urat pantang mengonsumsi makan daging. Sebab, daging mengandung purin dan kolesterol yang tinggi. Namun bila memaksakan diri untuk makan daging, sebaiknya tidak dalam porsi besar dan usahakan tidak makan daging yang digoreng atau dipanggang, melainkan harus direbus.

2. Durian
Durian wajib dihindari oleh para penderita asam urat. Selain kolesterol, durian juga mengandung ethanol, ethyl, dan senyawa sulfur yang sangat berbahaya bagi tubuh penderita asam urat. Durian juga tidak dianjurkan dikonsumsi dalam porsi besar oleh orang sehat. Lalu, sebaiknya minum air putih sebanyak mungkin agar lemak yang terdapat di durian bisa dinetralkan dan dibuang melalui urine.

Baca Juga
4 Manfaat dari Infused Water, Yuk Mulai Konsumsi
Mengenali Gejala dan Penyebab Penyakit Vertigo
Penyebab dan Cara Mengatasi Social Anxiety Disorder
Bukan untuk Pamer di Medsos, Kenali Jenis Gangguan Mental
Omicron Tiba, Yuk Lindungi Diri dan Rutin Konsumsi Vitamin C

3. Es Krim
Rasanya sulit tidak tergiur mengonsumsi es krim. Namun, puasa es krim harus dilakukan oleh para penderita es krim. Sebab, susu yang ada di dalam es krim memiliki mengandung lemak yang lumayan tinggi. 

4. Seafood dan Makanan Bersantan
Sehat mahal harganya. Ketika sehat, seseorang bisa mengonsumsi sejumlah makanan seafood dan bersantan yang tentunya memiliki rasa yang lezat. 'Kenikmatan duniawi' itu tidak bisa dirasakan oleh para penderita asam urat. Sebab, seafood dan makanan bersantan mengandung kolesterol tinggi yang tentunya tidak baik bagi penderita asam urat. 

5. Kacang-Kacangan
Olahan kacang-kacangan sangat baik dijadikan menu diet sehari-hari. Kandungan lemak yang terdapat pada kacang-kacangan juga menyehatkan tubuh, begitu juga dengan kandungan kalsium, vitamin C, K, E, dan vitamin B nya. Namun, mengkonsumsi kacang-kacangan dapat meningkatkan jumlah purin di dalam tubuh yang berakibat negatif bagi penderita asam urat.

Butuh bantuan ?