4 Pilihan Produk Asuransi Jiwa yang Wajib Anda Miliki

23 September 2021



Musibah bisa datang kapan saja. Salah satu musibah yang berpotensi terjadi saat ini adalah potensi terserang virus covid-19 atau ada anggota keluarga yang meninggal karena pandemi covid-19. 

Setiap musibah tentunya memberikan rasa kehilangan, kecewa, sedih, dan kerugian secara finansial. Nah khusus untuk kerugian finansial, Anda bisa meminimalkan risikonya dengan asuransi jiwa. 
Asuransi jiwa adalah asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap kerugian finansial yang tak terduga seandainya terjadi risiko kecelakaan dan meninggal dunia. Misal, seorang ayah selaku pemberi nafkah utama meninggal usai terserang virus covid-19. Ayah tersebut akan meninggalkan anak serta istrinya. Bila sang ayah memiliki asuransi jiwa, keluarga yang ditinggalkan tidak akan kesulitan finansial karena adanya Uang Pertanggungan dari asuransi jiwa almarhum.

Sebetulnya ada banyak ragam pilihan produk asuransi jiwa. Oleh karena itu maka ada baiknya Anda pahami dulu pilihan-pilihan yang tersedia agar menemukan produk asuransi jiwa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga
Memilih Asuransi Jiwa Terbaik
Simak Manfaat Asuransi Jiwa Berjangka
Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan
Berikut 4 Keuntungan Asuransi Jiwa, Tertarik Memilikinya?
Apa Keuntungan Memiliki Asuransi Jiwa?

Di bawah ini adalah beberapa informasi untuk membantu Anda menentukan pilihan sebelum membeli produk asuransi jiwa:

1.    Asuransi jiwa dwiguna (Endowment)
Asuransi jiwa dwiguna adalah produk asuransi yang memberikan sejumlah Uang Pertanggungan bila Tertanggung meninggal dunia dalam periode tertentu. Asuransi jiwa dwiguna juga memberikan seluruh Uang Pertanggunganbila nasabah masih hidup pada masa akhir pertanggungan. 

2.    Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)
Sesuai namanya, ini produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan seumur hidup. Asuransi jiwa jenis ini akan memberikan Uang Pertanggungan ketika tertanggung meninggal dunia. Premi di asuransi jiwa seumur hidup tidak hangus melainkan perusahaan asuransi akan mengembalikan premi Anda bila tidak ada klaim. Selain premi kembali, masa pembayaran premi pun bisa diatur sesuai kesepakatan. Dengan begitu, Anda tidak perlu bayar premi seumur hidup untuk perlindungan seumur hidup. 

3.    Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life) 
Asuransi jiwa berjangka adalah produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan jiwa dalam jangka waktu tertentu. Contohnya memberikan Uang Pertanggungan ketika Tertanggung meninggal dalam masa kontrak (misal 5,10, atau 20 tahun). Selama masa kontrak, premi yang dibayarkan nasabah tetap kecuali nasabah ingin memperpanjang kontrak asuransi. Premi tersebut akan berakhir ketika kontrak asuransi berakhir. 

4.    Asuransi Jiwa dengan Unsur Investasi (Unit Link)
Manfaat asuransi jiwa unit link hampir serupa dengan asuransi jiwa berjangka. Namun di asuransi jiwa berjangka, nasabah hanya akan mendapatkan pengembalian Uang Pertanggungan. Sedangkan di asuransi jiwa unit link para nasabah akan mendapatkan manfaat hasil investasi yang besarnya bergantung kondisi pasar.

Setelah mengetahui alasan pentingnya memiliki asuransi jiwa, Anda juga bisa menemukan beragam pilihan produk asuransi jiwa di www.sequis.co.id. Berbagai piliha produk asuransi jiwa tersedia dengan premi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Butuh bantuan ?