4 Tips Keuangan dari OJK kepada Generasi Sandwich

13 September 2021



Generasi sandwich terjadi pada seseorang baik pria maupun wanita yang memiliki rentan umur dari 30 hingga 40 tahun. Disebut generasi sandwich karena seseorang berada dalam kondisi terjepit lantaran harus menanggung hidup 3 generasi yaitu orang tuanya, diri sendiri, dan anaknya.

Anda mengalami hal yang sama? Ke luar dari generasi sandwich memang tidak mudah. Sebab, di satu sisi Anda tidak mungkin meninggalkan orang tua yang membutuhkan dukungan finansial. Anda juga tidak mungkin menomorduakan kebutuhan istri/suami serta anak.

Hal yang bisa Anda lakukan pada saat ini adalah melakukan perencanaan keuangan yang matang agar problem generasi sandwich tidak berlanjut ke anak Anda. Berikut beberapa tips dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bisa Anda lakukan agar memutus rantai generasi sandwich:

1. Miliki tabungan rencana
Tabungan rencana adalah tabungan dengan setoran rutin secara bulanan yang memiliki fasilitas auto debit dari rekening sumber ke rekening tabungan rencana. Penarikan dana untuk tabungan ini dibatasi sesuai ketentuan bank.

2. Menyiapkan program pensiun
Program pensiun bisa dilakukan dengan Anda membayar sejumlah uang yang sudah ditetapkan secara rutin dan hanya bisa diambil ketika memasuki usia pensiun. Program pensiun adalah langkah awal yang baik sebagai bukti sayang kamu kelak kepada anak dan berguna untuk menjamin kehidupan masa tua. 

3. Memiliki asuransi kesehatan
Jangan biarkan anak harus menanggung biaya tagihan rumah sakit Anda ketika sakit pada masa tua. Miliki asuransi kesehatan sekarang! Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan dengan tenang tanpa harus diganggu dengan tagihan rumah sakit. Kamu bisa memilih untuk memiliki asuransi kesehatan dari pemerintah (BPJS Kesehatan) atau dari swasta.

Baca Juga
Manfaat Asuransi Kesehatan Terbaik
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan
Asuransi Kesehatan Sequis

4. Kurangi gaya hidup konsumtif
Gaya hidup konsumtif tiap orang berbeda. Semuanya ditentukan dengan kemampuan finansial seseorang. Namun, tidak ada salahnya mengurangi gaya hidup konsumtif yang dirasa tidak perlu. Tentukan keperluan prioritas dan membedakan antara kebutuhan dan keinginanmu.

5. Menyiapkan dana pendidikan anak
Dana pendidikan anak juga tak kalah penting sebagai upaya memutus mata rantai generasi sandwich. Dengan asuransi pendidikan, orang tua dapat menyiapkan biaya pendidikan anak untuk masa depan dimulai dari sekarang. Selain itu, sudah menyiapkan dana pendidikan dengan matang akan meringankan beban finansial pada masa depan.

Jadi, sudahkah Anda memiliki asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan untuk anak? Bila belum, asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan dari Sequis dapat menjadi alternatif yang dapat Anda pertimbangkan. Baca profil produk-produk selengkapnya di Asuransi Kesehatan & Asuransi Pendidikan. Bila Anda membutuhkan panduan lebih lengkap, silakan hubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com
 

Butuh bantuan ?