Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

4 Tips Memilih Agen Asuransi Terbaik

8 November 2021



Agen asuransi memiliki peran yang sangat besar dalam sebuah perusahaan asuransi. Mereka bertugas sebagai 'jembatan' antara perusahaan dengan calon nasabah yang ingin berasuransi atau nasabah yang sudah menjadi anggota asuransi. Intinya, agen jadi pihak yang akan menjelaskan produk dengan jelas dan detail agar tidak timbul kesalahahpahaman dengan nasabah.

Oleh karena itu, calon nasabah harus memilih agen asuransi yang tepat. Sebab membeli asuransi tidak sama dengan membeli makanan, minuman, atau baju. Asuransi sudah masuk ke ranah finansial untuk tujuan jangka panjang. Selain itu, dana yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Baca Juga
Memutus Rantai Sandwich Generation dan Pensiun dengan Nyaman
Persiapkan Dana Pensiun dengan Investasi Jangka Panjang

Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum menentukan agen asuransi yang akan Anda pilih.

1. Agen memiliki lisensi
Agen asuransi terbaik tentunya memiliki lisensi dari Asosisi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Lisensi tersebut menandakan bahwa agen asuransi terbaik memiliki pengetahuan, sudah terlatih dengan baik, dan dapat menjadi penasehat keuangan yang dipercaya oleh calon nasabah.

2. Mudah dihubungi
Peran agen asuransi sangat dibutuhkan ketika nasabah ingin melakukan klaim atau ada pertanyaan tentang asuransinya. Oleh karena itu, pastikan sejak awal bahwa agen perusahaan asuransi yang ingin dituju mudah dihubungi dan dijangkau.

Baca Juga
Mengenal Problem Sandwich Generation & Cara Menghindarinya
Tips Simpel Melindungi Polis Asuransi Agar Tetap Aktif
Kaum Rebahan Ingin Punya Asuransi? Coba Find Agent Sequis
2 Hal yang Bikin Orang Tua Wajib Beli Asuransi Pendidikan
Beli Asuransi Kesehatan sebelum Covid-19 Varian Mu Menyebar

3. Financial Planner
Agen asuransi yang baik memiliki pengetahuan dan sudah melalui pelatihan terkait perencanaan keuangan (financial planning). Dengan begitu, nasabah bisa konsultasi mengenai strategi keuangan secara umum serta besaran premi yang harus dibayarkan agar tidak mengganggu cash flow.

4. Mudah dimengerti
Jangan pilih agen asuransi yang tidak mampu menjelaskan secara detail tentang produk yang ditawarkan. Agen asuransi terbaik sudah sepatutnya mengerti tentang manfaat produk, ilustrasi produk, cara klaim, pengecualian penyakit yang ditanggung, hingga memberi rekomendasi produk yang sesuai kebutuhan dan keuangan nasabah.

Butuh bantuan ?