Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Anjuran Pakai Masker Dihapus, Tetap Sehat dengan Cara Ini

10 Pebruari 2023



Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai dihentikan pada Jumat, 30 Desember 2022. Dengan putusan ini, masyarakat mulai diizinkan tak menggunakan masker ketika berada di tempat umum ruang terbuka. Semua kegiatan ruang terbuka yang melibatkan banyak orang juga tak lagi harus memenuhi aturan protokol kesehatan seperti ketika pandemi covid-19 berlangsung.

Putusan ini tentunya menjadi kabar gembira untuk masyarakat. Sebab, mereka sudah 'terpenjara' dengan beragam aturan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker, dan kesulitan hadir ke acara yang melibatkan banyak orang sejak pandemi covid-19 melanda Indonesia pada 2020.

Meski begitu, penghapusan PPKM patut disikapi secara bijak. Lantaran tak ada lagi anjuran menggunakan masker, virus dan bakteri tentunya makin cepat menular dari droplet seseorang yang sedang sakit. Jumlah orang yang sakit juga diprediksi sedang tinggi mengingat virus dan bakteri biasanya berkembang lebih cepat ketika cuaca mendung, sering hujan, dan bencana banjir seperti sekarang ini.

Baca Juga
Mendapatkan Finansial yang Lebih Baik pada Awal Tahun
Ada Ancaman Resesi, Buat Resolusi Keuangan yang Tepat
Kelola Keuangan Guna Menghadapi Badai Resesi Ekonomi
4 Cara Mudah Mengelola Keuangan yang Bisa Ditiru
DP 0 Persen Berlanjut, Jalani Tips Ini Agar Bisa Beli Rumah

Salah satu cara yang bisa dilakukan setiap orang pada saat ini adalah menjaga daya tahan tubuh agar tidak gampang sakit. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat serta rajin berolahraga. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan imun tubuh seperti dilansir Kompas.com.

Ikan berlemak
Ikan berlemak ternyata mengandung omega 3 yang tinggi. Jenis ikan berlemak yang mengandung omega 3 tinggi bisa Anda temui di ikan sarden, salmon, tuna, dan kembung. Namun patut diingat, beberapa jenis ikan mengandung kontaminan yang membahayakan janin dan anak-anak. Oleh karena itu, wanita hamil atau menyusui perlu konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi ikan berlemak.

Jahe
Jahe kerap digunakan sebagai bumbu masakan. Jahe mengandung vitamin C, magnesium, dan potasium. Selain bisa meningkatkan imun, jahe juga membantu meredakan peradangan dan mual.

Brokoli
Brokoli memilih segudang vitamin A, C dan E, plus sumber serat yang baik. Selain itu, brokoli juga memproduksi glutathione, yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa glutathione, antioksidan, menyerang radikal bebas, mengurangi kerusakannya pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Paprika
Dulu, paprika kerap terlihat sebagai campuran makanan, seperti daging atau pizza. Mungkin, hanya sebagian orang yang mengkonsumsinya dalam kondisi segar. Kini berbeda. Paprika mulai dikonsumsi secara rutin oleh masyarakat yang ingin mendapatkan khasiat vitamin C di dalamnya.
Paprika merah memang mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibanding jeruk. Selain itu, paprika merah juga mengandung beta karoten yang dapat membantu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

Butuh bantuan ?