Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kelola Keuangan Guna Menghadapi Badai Resesi Ekonomi

10 Januari 2023



Ketidakpastian ekonomi bakal terus dirasakan masyarakat. Setelah krisis akibat pandemi covid-19, masyarakat bakal dihadapkan dengan terpaan resesi ekonomi pada 2023. Ancaman inflasi yang menyebabkan kenaikan barang pokok serta Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) diperkirakan bakal menghantui masyarakat selama resesi ekonomi berlangsung.

Menyiapkan pondasi keuangan yang kuat sebelum resesi adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Kebiasaan mengeluarkan uang atau belanja besar yang selama ini kerap dilakukan harus dihentikan. Selain itu, beberapa tips berikut ini layak dipertimbangkan agar kita bisa keluar dari resesi dengan finansial yang tetap stabil.

1.    Skala Prioritas
Kelola keuangan dengan membuat daftar prioritas yang dibutuhkan. Misal, uang hanya digunakan untuk kebutuhan primer seperti uang makan, biaya transportasi, bayar listrik, bayar cicilan, dan lain-lain. Selain itu, sisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan dan dana darurat.

2.    Utamakan Kebutuhan, Bukan Keinginan
Untuk sementara, hentikan kebiasaan belanja atau membeli barang-barang tersier. Misal, tahan keinginan untuk beli handphone, sepatu, atau tas baru. Lebih baik gunakan uang untuk membeli barang-barang primer dan memang sedang dibutuhkan.

Baca Juga
4 Langkah Antisipasi Menghadapi Resesi 2023
Ada Ancaman Resesi, Cari Cara Agar Tetap Sehat dan Bahagia
Cara Ampuh Menyehatkan Keuangan Selama Resesi
Ada Ancaman Resesi, Perlukah Menggelar Pernikahan Sederhana?
Apa yang Harus Disiapkan Bila Indonesia Kena Resesi 2023?

3. Kurangi Jajan, Pilih Memasak Di Rumah
Berapa uang yang Anda keluarkan untuk beli makan siang dan makan malam di luar rumah? Mungkin bisa mencapai Rp50-100 ribu per hari. Pengeluaran sebanyak itu bisa Anda kurangi bila memilih untuk memasak di rumah dan membawa bekal makanan ke kantor. Sisa uang hasil belanja sayur dan kebutuhan pokok lainnya bisa dialihkan ke pos tabungan dan dana darurat.

4.    Gunakan Sisa Uang untuk Investasi
Silakan belajar investasi setelah Anda bisa mengatur cash flow dengan baik. Sebagai awalan, pertimbangkan berinvestasi di instrumen yang mudah seperti reksa dana. Jenis investasi ini masuk ke golongan risiko rendah namun tetap memiliki potensi imbal hasil yang stabil.

Bila memiliki pertanyaan seputar investasi, silakan hubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Pastikan untuk selalu kelola keuangan sebaik mungkin agar bisa melewati badai resesi dengan kondisi ekonomi yang tetap stabil.

 

Butuh bantuan ?