Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Apa itu Dana Darurat dan Asuransi?

19 September 2022



Dana darurat dan asuransi menjadi dua kata yang selalu muncul tiap pembahasan mengenai perencanaan keuangan. Namun, apa sebetulnya kegunaan dua hal tersebut? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasan berikut ini:

Apa itu dana darurat?
Dana darurat merupakan tabungan untuk menyelamatkan seseorang ketika keadaan yang tidak terduga terjadi dan bisa menyebabkan pengeluaran yang sangat besar atau kehilangan sumber pendapatan secara mendadak. 

Dana darurat bisa sangat berguna dalam kondisi berikut ini: 
1. Kecelakaan. Kecelakaan bisa menimbulkan kerugian materi. Di sinilah dana darurat sangat dibutuhkan. Dengan memiliki dana darurat, Anda bisa segera memperbaiki kendaraan yang rusak akibat kecelakaan tanpa harus utang ke keluarga atau teman.
2. Kena PHK. Dana darurat bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari usai sumber pendapatan Anda terhenti secara mendadak.  
3. Kebakaran. Musibah satu ini membuat Anda bisa kehilangan rumah hingga bisnis yang sudah dirintis sejak lama sehingga pendapatan hilang, atau malah harus menanggung rugi. Dana darurat bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan untuk sementara waktu. 

Baca Juga
Prioritaskan Dana Darurat atau Investasi Jangka Panjang?
Jangan Lupa Sisihkan Pendapatan untuk Dana Darurat
Dana Darurat & Asuransi, Meminimalkan Kerugian saat Pandemi
Asuransi dan Dana Darurat, Mana yang Penting saat Pandemi?
Bonus Akhir Tahun Untuk Dana Darurat dan Investasi

Memiliki Asuransi
Asuransi merupakan pemindahan risiko dari orang yang diasuransikan kepada pihak perusahaan asuransi. Bila memiliki asuransi kesehatan, risiko finansial yang muncul karena kesehatan akan ditanggung oleh perusahaan (berupa manfaat asuransi). Dengan catatan, Anda sudah membayarkan premi secara teratur.
Ada beragam asuransi yang ditawarkan ke masyarakat pada saat ini. Bila Anda sudah berkeluarga dan memiliki tanggungan, berikut ini tiga asuransi yang layak Anda miliki:

Asuransi Jiwa
Asuransi ini memberi perlindungan risiko terhadap jiwa seseorang. Manfaat asuransi akan diberikan bila Tertanggung tutup usia atau menderita cacat tetap total. 

Asuransi Kesehatan
Memberikan perlindungan kesehatan dan finansial ketika nasabah sakit. Dalam praktiknya, asuransi kesehatan bakal menjamin nasabah mendapat perawatan dan pengobatan secara optimal di rumah sakit tanpa harus dipusingkan dengan biaya yang harus dibayarkan. 
Asuransi Pendidikan

Premi yang dibayarkan oleh orang tua akan diinvestasikan ke instrumen investasi yang sudah dipilih oleh nasabah dan akan dikembalikan saat diperlukan untuk biaya pendidikan anak. Selain itu, asuransi pendidikan juga menjamin ketersediaan dana pendidikan anak bila orang tua meninggal dunia atau mengalami musibah yang menyebabkan cacat total tetap sehingga tidak lagi mampu menafkahi anak.

Butuh bantuan ?