Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Apa yang Membuat Varian Baru Virus Covid-19 Terus Muncul?

11 Agustus 2022


Sejak ditetapkan sebagai pandemi, varian virus covid-19 terus bermunculan


Virus covid-19 sudah menyebar ke seluruh dunia sejak akhir 2019. Puncak penyebaran terjadi pada pertengahan 2020 hingga akhirnya World Health Organization (WHO) menetapkan virus covid-19 sebagai pandemi.

Sejak ditetapkan sebagai pandemi, varian virus covid-19 terus bermunculan. Pada 2021, dunia dibuat berduka oleh covid-19 varian Delta. Ketika itu, jutaan masyarakat terjangkit dan tidak sedikit yang harus menyerah hingga akhirnya meninggal dunia. Lalu, muncul pula varian Omicron pada 2022 yang diklaim bisa menular lebih cepat dari varian-varian sebelumnya.

Terbaru, muncul subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Varian ini diprediksi bakal memunculkan lonjakan kasus penularan covid-19 pada pertengahan Juli 2022.

Lantas, apa penyebab virus covid-19 terus bermutasi? Menurut Podcast Radio Kesehatan Kemenkes, covid-19 terus memunculkan varian baru karena kemampuan virus untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan terutama dengan manusia sebagai inangnya. Jadi bila antibodi di tubuh manusia tidak terbentuk sempurna lantaran tidak mendapatkan suntikan vaksin lengkap serta tidak minum obat sesuai anjuran dokter, virus bakal sangat mudah berkembang biak serta bermutasi.

Baca Juga
4 Tips Atasi Rasa Cemas dan Stres karena Harus WFO
4 Kerugian Bila Menunda Membeli Asuransi Kesehatan
Asuransi Penyakit Kritis Cover Penyakit Kritis PascaCovid-19

Waspada saat Work From Office (WFO)
Virus covid-19 varian omicron dan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 diklaim mudah ditularkan. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk kembali menjalani protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Terutama bagi yang sering melakukan aktivitas di pasar, ruang publik, hingga perkantoran ketika WFO.

Untuk meminimalkan peluang tertular, berikut ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika sudah harus kembali bekerja di kantor:

Gunakan Masker
Virus dapat menyebar melalui udara sehingga setiap orang wajib menggunakan masker. Para ahli kesehatan menyarankan masyarakat menggunakan masker berlapis, masker KN-95, atau KF-94. Jangan lupa membawa masker cadangan agar masker lama bisa diganti setiap empat jam sekali. Usahakan pula untuk tidak menyentuh wajah atau masker sebelum tangan dicuci.

Baca Juga
Asuransi Kesehatan di Tengah Beragam Penyakit dan Virus
Kenapa di Dalam Ruangan Masih Harus Pakai Masker?
Mengenang Mitos-Mitos yang Pernah Ada Tentang Virus Covid-19

Membersihkan permukaan yang sering disentuh
Beberapa permukaan yang sering disentuh seperti meja, gagang pintu, gadget, keyboard berpotensi menjadi tempat virus berkumpul. Jadi, sebaiknya rutin membersihkan tempat-tempat tersebut. Apalagi setelah dipegang oleh banyak orang. 

Hindari menggunakan peralatan bersama
Gunakan peralatan makan dan minum, serta alat kerja kepunyaan pribadi. Dengan begitu Anda bisa memastikan kebersihannya. Menggunakan alat kerja orang lain berpotensi mentransfer virus serta bakteri.

Hindari kontak fisik dengan sekitar
Pastikan selalu menjaga jarak minimal 1 meter. Tidak hanya saat berada di ruang kerja, menjaga jarak juga harus dilakukan saat Anda berada di kantin atau ruang makan. 

Vaksinasi Covid dan booster vaksin
Jangan termakan hoax soal bahaya vaksin covid-19. Justru, vaksin covid-19 membantu tubuh Anda bertahan saat terkena virus. Lagipula vaksinasi akan memudahkan Anda untuk mengakses tempat publik. Bila ada kesempatan dan sudah mendapat persetujuan dari dokter, segera lakukan vaksin covid-19 dosis ketiga (booster). 

Miliki Asuransi Kesehatan
Selain menjaga protokol dan menjalankan pola hidup sehat,  masyarakat juga perlu mempertimbangkan memiliki asuransi kesehatan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan secara optimal bila tiba-tiba sakit atau terserang virus covid-19. Dengan asuransi kesehatan pula, Anda tak perlu memusingkan biaya rumah sakit karena sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Silakan cek produk asuransi kesehatan Sequis bila membutuhkan proteksi dari virus covid-19 beserta 'jajaran' varian dan subvariannya. Bila membutuhkan bantuan atau ingin diskusi mengenai produk asuransi kesehatan Sequis, segera hubungi kami di Sequis Care di (62-21) 2994 2929 atau melalui email: care@sequislife.com

Butuh bantuan ?