Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kenapa di Dalam Ruangan Masih Harus Pakai Masker?

18 Juli 2022


Virus juga bisa tersebar melalui droplet. Jadi, seseorang yang membuka masker di ruang tertutup rentan tertular virus (Foto: dok Berita Satu)


Penyebaran virus covid-19 mereda pada kuartal 1 2022. Akibatnya, pemerintah sempat memberlakukan kebijakan baru dengan mempersilakan masyarakat untuk melepas masker ketika berada di ruang terbuka. Dengan catatan, melepas masker di tempat terbuka yang tidak ada kerumunan serta kondisi tubuh sedang sehat. 

Lantas, bagaimana kebijakan penggunaan masker saat berada di dalam ruangan? Kenapa pemerintah tetap menganjurkan masyarakat menggunakan masker saat berada di ruang tertutup seperti pusat perbelanjaan atau kantor?

Menurut berbagai pakar kesehatan, ruangan tertutup dan ber-AC memang meningkatkan kans virus covid-19 dan virus-virus lainnya untuk menyebar dengan mudah. Sebaliknya, virus covid-19 tidak dapat bertahan di ruangan terbuka. 

Baca Juga
Hal yang Perlu Diketahui Tentang Covid-19 Varian Omicron
Bukan untuk Pamer di Medsos, Kenali Jenis Gangguan Mental
Covid-19 Omicron Masuk Indonesia, Asuransi Makin Diminati

Fakta lainnya, virus akan berkembang biak bila berada di sebuah objek, termasuk manusia. Jadi ketika manusia sudah terjangkit virus covid-19 atau virus lainnya, bakal dengan mudah menularkan ke manusia di sekitarnya. Proses penularan ini bakal menjadi masif bila seseorang yang sudah sakit membuka masker di ruang tertutup yang penuh dengan orang lain. Oleh karena itu, semua orang dianjurkan tetap menggunakan masker dan sering mencuci tangan ketika berada di kantor, pusat perbelanjaan, atau ruang tertutup ber-AC lainnya.  

Baca Juga
Omicron Tiba, Yuk Lindungi Diri dan Rutin Konsumsi Vitamin C
Sudah WFO? Benarkah Covid-19 Mudah Menyebar di Ruangan AC?
Di PHK saat Pandemi Covid-19? Yuk Atur Ulang Keuangan
Lakukan Hal Ini Agar Virus Covid-19 Tak Muncul saat WFO

Ohya, virus juga bisa tersebar melalui droplet. Jadi, seseorang yang membuka masker di ruang tertutup rentan tertular virus lewat droplet ketika Anda dan rekan kerja, berbicara, makan dan atau minum.

Beberapa hal itu menjadi alasan utama seseorang harus tetap memakai masker ketika berada di ruang tertutup. Bila merasa risih dan pengap, sebaiknya sesekali ke luar dari ruangan kerja untuk menghirup udara segar. Bisa di taman atau area terbuka di dekat kantor. 

Selain untuk mengistirahatkan mata, ke luar kantor selama beberapa menit untuk menghirup udara segar juga bisa mengurangi stres dan menyegarkan pikiran Anda. Tak lupa pula mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Minimal konsumsi vitamin C setiap hari dan rajin berolahraga agar imunitas tubuh Anda tetap terjaga. Intinya, Anda perlu melindungi diri sebaik mungkin walau pandemi covid-19 berubah status menjadi endemi. 
 

Butuh bantuan ?